Muncul Iklan Adsense Kok Nggak Terima Duitnya Ya?

Loading...

Iklan adsense merupakan cara yang paling banyak diharapkan pemilik website atau blog. Sayangnya sangat banyak yang memiki pandangan keliru soal program periklanan Google ini. Mereka pikir begitu muncul iklan di websitenya, bisa gajian tiap bulan.

Jika kalian adalah pemilik website, katakanlah portal berita atau koran online, sebenarnya tidak sulit memunculkan iklan adsense di halaman kalian. Dengan syarat pengajuanmu ke Google Adsense diterima, maka secara otomatis akan muncul iklan di portal kalian.

Ok, kita kenalan dahulu dengan Google Adsense. Ia merupakan program kerja sama periklanan melalui media Internet yang dibuat oleh Google.

Melalui program periklanan Adsense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya, diperbolehkan untuk memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka.

Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, atau yang biasa dikenal dengan sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Google Adsense adalah program periklanan yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2003 oleh Google, dan saat ini menjadi program periklanan paling populer di Internet. Ini memberikan peluang bagus bagi webmaster dan pemilik situs untuk memonetisasi lalu lintas mereka.

Iklan Adsense Muncul, Pelihara Kontenmu

Coba kalian lihat jumlah iklan yang ada di portal atau blog, pasti tidak sama jumlahnya. Iklan adsense yang muncul sejatinya bisa diseting melalui dashboard adsense kalian masing-masing.

Kalau nggak mau ribet, Adsense sudah menyediakan fitur iklan otomatis. Artinya ia yang akan menempatkan slot iklan di portal kalian berdasarkan peluang terbaik.

Namun kalian bisa mengatur jumlah dan letak iklan tersebut dimunculkan. Untuk soal slot iklan adsense ini akan dibuatkan artikel tersendiri.

Sadarilah, ketika portal kalian sudah diterima Google Adsense, kalian wajib merawat konten yang diunggah. Mungkin kalian nggak pernah merasakan bagaimana perjuangan blogger untuk diterima program periklanan terpopuler ini.

Berdasarkan pengalaman, jika usia portal kalian tiga bulan dan diisi konten setiap hari biasanya akan diterima Google Adsense. Yang penting konten kalian bukan sesuatu yang dilarang.

Sayangnya…. kalian berpikir aha sudah ada iklannya. Nunggu gajian, ah. Begitu bukan sobatsiber? Salah….

Google hanya akan membayar portal atau blog yang kontennya memenuhi kemauan perusahaan ini. Di bawah ini adalah beberapa hal yang termasuk memelihara konten.

1. Cari berita yang memiliki kata kunci

Nggak usah mengelak, yang paling penting bagi sebuah konten saja belum kalian lakukan. Apalagi portal atau koran online. Carilah di internet mengenai cara meriset kata kunci, itu dahulu yang harus kalian praktikkan.

Memang butuh latihan dan ilmu untuk bisa gajian dari Adsense. Dan sebuah kerja sama yang fair. Google membayar jerih payah kalian, kalian pun menyajikan konten berkualitas. Terbiasa copas? Maka gajanmu hanya impian.

2. Pelajari SEO

Search Engine Optiomation (SEO) adalah pelajaran berikutnya jika ingin gajian dari Adsense. Ada banyak teknik yang harus dilakukan.

Pada kenyataannya, masih banyak website yang sepi pengunjung meskipun sudah update artikel setiap harinya. Untuk itulah kalian harus memahami apa itu artikel SEO.

Artikel SEO adalah artikel yang dibuat dengan kaidah penulisan artikel yang baik serta sesuai dengan teknik Search Engine Optimization.

Mesin pencari seperti Google biasanya memiliki skema unik untuk memilih artikel spesial yang akan mereka munculkan di halaman 1. Selain itu, algoritme Google juga selalu berubah-ubah dalam kurun waktu tertentu.

3. Tanam Backlink

Sebenarnya ini bagian SEO, tetapi dibahas tersendiri karena butuh keseriusan melakukannya. Jika kalian menginginkan domain atau page authority portal tinggi, maka pekerjaan membosankan tetapi harus dilakukan ialah backlink.

Hanya dengan mau saja membaca artikel, kalian nggak harus membayar mahal untuk kursus SEO. Banyak bukan penyedia kursus di internet? Kalau kalian bisa melakukannya sendiri, bukan hanya untuk gajian dari portal sendiri.

Lebih dari itu, kalian juga bisa membuka jasa meningkatkan DA sebuah blog. Berapa bayarnya? Cek saja di internet kawan.

4. Upaya Lain ketika Iklan Adsense Muncul

Artikel yang SEO itu memang ribet, judulnya harus mengandung kata kunci, alinea pertama harus ada kata kunci, usahakan ada sub judul, pemberian nama file foto harus sedemikian rupa. Dan sebagainya dan seterusnya.

Cara-cara yang benar memang kadang membutuhkan penantian yang melelahkan. Namun masa depannya cerah. Sementara ada lagi jalan tol kalau kalian mau.

Ragam dan caranya tidak akan dijelaskan di sini, karena sudah banyak yang membahasnya. Intinya butuh suplemen tambahan untuk duduk di depan laptop ketika diterima adsense. (man)

Loading...