Polisi Kantongi Identitas Penendang Sesajen yang Videonya Viral

Loading...

Suarasiber.com – Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno mengatakan pihaknya sudah mengantongi identitas pria penendang sesajen di lokasi erupsi Semeru yang videonya viral.

“Bisa disimpulkan perbuatan orang tersebut sebagai tindakan intoleran. Inisial pelaku HF, sekarang kami cari,” ujarnya, melansie detik.com, Selasa (11/1/2022).

Sebelumnya beredar seorang lelaki mengenakan jaket hitam dan bertutup kepala menendang sesajen di lokasi erupsi Semeru. Ia juga membuang sesajen dengan tangannya.

Aksi pria tersebut langsung mendapatkan perhatian sejumlah tokoh.

Ketua MUI Pusat Bidang Dakwah Cholil Nafis menilai tindakan seperi itu merendahkan keyakinan umat lain.

“Saya berharap diantara kita saling menghormati. Saya tidak setuju adanya tindakan menendang sesajen kemudian menistakan keyakinan yang lain,” ungkapnya di Yogyakarta, Senin (10/01/2022).

Salah satu puteri mendiang Gus Dur, Alissa Wahid juga mencuitkan lewat Twitter.

“Repot memang kalau ketemu yang model-model begini. Susah banget memahami bahwa dunia bukan milik kelompoknya saja,” katanya.

Meski videonya tidak diunggah, tindakan seperti yang ditunjukkan penendang sesajen tetap menjadi perbuatan yang salah.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq pada Ahad (9/1/2022) juga memerintahkan anak buahnya menangkap pria penendang sesajen di lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru.

Menurut Bupati, tindakan seperti itu meresahkan masyarakat dan berharap yang bersangkutan mengklarifikasi perbuatannya.

Kecaman juga dilontarkan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lumajang, Muhammad Muslim. Menurutnya, aksi tersebut telah mencederai kerukunan umat beragama di Lumajang.

Pihaknya langsung meminta kepada ustaz Kemenag Kabupaten Lumajang untuk mengecek kejadian tersebut guna memastikan detail kejadiannya. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...