Kartu Prakerja Gelombang 18 Segera Dibuka

Loading...

Suarasiber.com – Pemerintah segera membuka program Kartu Prakerja Gelombang 18 yang akan diberikan kepada 2,8 juta peserta. Program ini sendiri sudah berjalan setahun lalu dan terealisasi Rp20 triliun untuk 5,6 juta peserta.

Demikian disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Ia menambahkan, total anggaran pemerintah untuk program Kartu Prakerja secara kumulatif menjadi Rp 30 triliun dengan total sebanyak 8,4 juta peserta.

Program Kartu Prakerja adalah bantuan bagi mereka yang belum bekerja, kehilangan pekerjaan atau usahanya terdampak karena pandemi Covid-19. Setiap peserta berhak atas Rp3,55 juta,

Rinciannya, Rp1 juta untuk membeli paket pelatihan. Masa pembelian juga ada batas harinya. Setelah lulus pelatihan, peserta akan mendapatkan Rp 600 ribu per bulan yang disalurkan selama 4 bulan. Peserta masih mendapatkan Rp150 ribu untuk 3 kali survei.

Pendaftaran bisa dilakukan melalui situs prakerja.go.id tanpa periode waktu. Berikut ini adalah syarat mendaftar program Kartu PRakerja.

  • Warga Negara Indonesia Berusia di atas 18 tahun
  • Tidak sedang sekolah atau kuliah
  • Tidak sedang menerima bantuan pemerintah baik berupa BLT, BPUM, atau bantuan pemerintah lain
  • Bukan pejabat negara, PNS, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD.

Sementara untuk cara mendaftarnya bisa dibaca panduan di bawah ini:

  1. Bukalah www.prakerja.go.id baik di komputer atau ponsel.
  2. Masukkan data diri, diantaranya Kartu KK dan NIK lalu ikuti petunjuk pembuatan akun.
  3. Selanjutnya ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online. Karenanya siapkan kertas dan alat tulis. Jangan lupa Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka
  4. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS. (man)
Loading...