1,65 Juta Pekerja di Indonesia di-PHK Selama Pandemi Covid-19

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Tak pernah terpikirkan oleh para pekerja di Indonesia Covid-19 akan berdampak seperti ini. Mereka tiba-tiba menelan kenyataan di-PHK.

Hingga Senin (13/4/2020), setidaknya sudah 1,65 juta pekerja di Indonesia yang tak lagi bisa bekerja karena perusahaannya tak mampu lagi memberikan gaji.

Hal ini disampaikan Kepala BNPB Doni Monardo usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Jokowi dan para menteri tentang Laporan Tim Gugus Tugas COVID-19.

“Menyangkut masalah sosial, dari beberapa laporan yang disampaikan menteri terdapat sekitar 1,65 juta warga negara kita yang telah di-PHK dan dirumahkan. Sehingga Bapak Presiden menugaskan untuk segera diberikan Kartu Pra Kerja,” tuturnya melalui konferensi virtual.

Sementara itu Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat sudah ada 2,4 juta masyarakat yang membuka website www.prakerja.go.id. Dari total tersebut, 1.432.133 diantaranya yang sudah registrasi.

Pendaftaran dimulai 11 April 2020 pukul 19.00 WIB, oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, selaku Ketua Komite Cipta Kerja, yang dihadiri sejumlah pejabat KSP dan menteri.

“Kami melihat antusiasme ini sebagai refleksi dari ekspektasi publik yang sangat tinggi terhadap program Kartu Pra Kerja,” ujar Menteri Airlangga. (mat)

Loading...