free page hit counter

Nongsa Bakal Dipercantik dengan Rp200 M, Saingi Batam Centre?

Loading...

Suarasiber.com – Badan Pengusahaan (BP) Batam tengah mengupayakan proyek untuk mempercantik Nongsa. Dananya tak tanggung-tanggung, Rp200 miliar akan digunakan untuk menata kawasan ini.

Dengan dana itu, Nongsa diharapkan mampu menandingi Batam Centre. Sejumlah proyek yang segera dibangun ialah jalan dari Batam Centre ke Nongsa melalui tepi laut.

“Uangnya butuh Rp200 miliar,” ujar Kepala BP Batam, H. Muhammad Rudi, Selasa (19/1/2021).

Mengingat duit yang gede itu, BP Batam tengah mencari investor yang bersedia membantu pembangunan tersebut.

“Karena anggaran BP Batam sendiri tidak mencukupi. Saya lagi dudukkan (investor),” kata Rudi.

Wacana ini sebelumnya pernah diutarakan Pjs Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum. Jalan pintas tepi laut itu akan terintegrasi dengan beragam potensi wisata, baik di Batam Centre atau Nongsa.

“(Jalur pintas) Batam Center-Nongsa ini akan diperkuat jika konsep Tering Bay Water Front City dapat dikembangkan sebagai Kawasan Strategis Provinsi baru yang alokasi lahannya masuk dalam perencanaan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) Provinsi Kepri,” jelasnya.

Diharapkan keberadaan jalur ini dapat memperpendek jarak tempuh dari Batam Center ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam, maupun kawasan wisata Nongsa dan Batu Besar.

Sementara pembangunan hotel di kawasan Nongsa direncanakan untuk mengimbangi banyaknya hotel di kawasan Nagoya dan Batam Centre, seperti Harris Resort, Aston Hotel, Harmoni, Sahid, Golden View dan Marriot. (mat)

Loading...