Karang Taruna Kota Batam Jadi Satu-satunya di Indonesia yang Memiliki LPK

Loading...

Suarasiber.com – Karang Taruna Kota Batam akhirnya memiliki Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) sendiri. Ini menjadi satu-satunya di Indonesia, ada LPK yang dimiliki karang taruna kota.

LPK ini ikelola melalui PT Era Katar Berjaya. Disnaker Kota Batam sudah memberikan persetujuan penyelenggaraan LPK. Izin tersebut tertuang dalam surat pertimbangan teknis Disnaker tanggal 28 Mei 2023 Nomor B/1226/500.15.05/-1/2023.

Ketua Umum Karang Taruna Kota Batam Drs Zul Arif mengatakan, pada tahap awal LPK sudah bisa menyelenggarakan tujuh program pelatihan.

Yaitu program Juru Gambar, Teknik Instalasi Listrik, Teknik Tata Udara, Desainer Grafis Muda, Content Creator, Bahasa Inggris, dan Teknisi Akuntasi.

“Program-program tersebut berada di bawah tiga alur program pelatihan yaitu Pelatihan Kerja Teknik Swasta, Pelatihan Kerja Teknologi Informasi dan Komunikasi Swasta, dan Pelatihan Kerja Bisnis dan Manajemen Swasta,” ungkap Zul Arif, Selasa (3/5/2023), dilansir dari kabarbatam.com.

Semua program pelatihan dilaksanakan di gedung Kompleks Sekolah Hang Tuah, Bengkong.

Ditemani Sekretaris Umum Ridho Dedzky Arvan dan Kepala Bidang Kominfo dan Humas Rudi Alhasan, Zul Arif menambahkan LPK Karang Taruna merupakan bagian dari PT Era Karang Taruna Berjaya. Dipimpin Ir Jogie Suaduon ST MPd sebagai direktur dan Ketua Karang Taruna Kota Batam Drs Zul Arif MH sebagai pengawas.

Ridho mengatakan LPK Karang Taruna Kota Batam ini akan diresmikan pada bulan Juli 2023. Pada saat itu juga akan diresmikan Batik Karang Taruna Kota Batam. Diharapkan program ini dapat menjadi gebrakan tahun pertama Kepengurusan Karang Taruna Kota Batam Periode 2023-2027.

Disebutkan pula bahwa cikal-bakal pendirian LPK ini sudah lama dilakukan Karang Taruna dengan rutin menggelar Pelatihan. Nantinya, dengan kehadiran LPK ini akan semakin intensif program-program pelatihan yang digelar khususnya untuk kalangan milenial di Kota Batam.

Sementara Rudi Alhasan menuturkan program program LPK dibuat demi mendukung pesatnya pembangunan Kota Batam. Ia berharap skill anak-anak Batam terus meningkat seiring gagasan mewujudkan Batam Kota Baru yang modern dan madani oleh Wali Kota Batam, M Rudi. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...