Akhirnya Jack Ma Muncul ke Publik

Loading...

Suarasiber.com – Tiga bulan lebih tak muncul di publik setelah kritikannya kepada pemerintah Tiongkok, akhirnya pendiri Alibaba, Jack Ma muncul ke publik.

Selama ini keberadaannya menjadi teka-teki. Berbagai spekulasi pun bermunculan. Dari sekadar ngumpet, ditahan pemerintah bahkan dikabarkan meninggal.

Usai melakukan kritikan, otoritas China tetap menindak perusahaan teknologinya, Alibaba dan Ant Group. Desember 2020, Administrasi Negara untuk Peraturan Pasar China membuka penyelidikan terhadap Alibaba atas praktik monopoli.

Regulator China juga meminta Ant Group untuk memperbaiki bisnisnya dan mematuhi persyaratan regulasi.

Kemunculan lelaki bernama Ma Yun ini diketahui melalui video di media sosial China.

Dilansir dari CNBC, Rabu (20/1/2021) Jack Ma terlihat tengah berbicara dengan guru-guru pedesaan dalam acara yayasan amalnya, Jack Ma Foundation.

Kabarnya kegiatan tersebut diadakan guna merayakan pencapaian guru pedesaan dan akan mendapatkan dukungan uang tunai.

“Jack Ma berpartisipasi dalam upacara online acara tahunan Pedesaan Pengajar Inisiatif pada tanggal 20 Januari,” kata juru bicara Yayasan Jack Ma.

Munculnya Jack Ma mempengaruhi saham Alibaba yang terdaftar di Hong Kong naik 5%.

Sementara China pun terus menyelesaikan rincian undang-undang anti-monopoli untuk perusahaan teknologi yang lebih luas. China mendorong aturan baru tentang pinjaman mikro, termasuk ketentuan persyaratan modal untuk perusahaan teknologi yang menawarkan pinjaman. (mat)

Loading...