Warga RI Geram YouTuber Malaysia Ganti Lirik Indonesia Raya Seenaknya

Loading...

Suarasiberdotcom – Seorang YouTuber pemilik akun MY Asean yang lokasinya berada di Malaysia membuat geram warga RI. Betapa tidak, akun tersebut mengunggah video Indonesia Raya yang diubah liriknya.

Padahal Indonesia Raya merupakan lagu kebangsaan Indonesia. Konyolnya, lirik lagunya diubah seenaknya sehingga terasa menghina.

Dalam penggalan dalam video yang kini sudah tidak ada lagi di akun tersebut, salah satu liriknya diganti sebagai berikut:

Ban**atlah rakyatmu, hinalah negerimu, untuk Indognesial jahanam

Bukan hanya lirik, lambang Garuda Pancasila juga diubah menjadi gambar ayam. Selanjutnya ada gambar dua anak kecil yang membuang air ke arah bendera Merah Putih.

Foto profil akun MY Asean menampilkan bendera Malaysia. Setelah banyak kritikan, kabarnya YouTube yang menurunkan video tersebut.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri telah menyampaikan sikap terkait parodi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Sementara Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, melalui pernyataan resminya, mengaku telah mengetahui adanya video yang disebut diunggah oleh warga Malaysia di Youtube tersebut.

Kedubes Malaysia berjanji akan menindak tegas pelaku yang melakukan parodi lagu Indonesia Raya itu. (mat)

Loading...