Anak Orang Biasa Berotak Encer Ini Saingi Kekayaan Jack Ma

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Posisi orang-orang terkaya di China bergeser. Forbes mengumumkan, saat ini posisi teratas dipegang Ma Huateng, lalu Colin Huang atau Huang Zheng dan disusul Jack Ma.

Ma Huateng merupakan pendiri Tencent yang kekayaannya mencapai USD 52,9 miliar, sementara kekayaan pendiri Pinduoduo Colin Zheng USD 45,4 miliar.

Kekayaan Jack Ma sendiri menurut Forbes turun menjadi USD 43,9 miliar dari sebelumnya di posisi kedua dengan total USD 45 miliar

Jack Ma yang memutuskan pensiun pada musim gugur lalu kini menggunakan uangnya untuk filantropi.

Huang yang kini berusia 40 tahun merupakan anak warga biasa yang berprofesi sebagai pegawai pabrik di Huangzhou.

Kisah hidup Huang, seperti dilansir dari South China Morning Post, adalah anak yang menyukai matematika sejak kecil.

Karena cerdas, ia diterima di SMA Favorit di Hangzhou Foreign Languages School di Provinsi Zhejiang.

Saat kuliah di usia 18 Tahun, Huang pun diterima di kampus elit China. Ia mengambil jurusan komputer.

Mengantongi beasiswa Melton Foundation, Huang pun kuliah di Amerika. Diambilnya jurusan master Ilmu Komputer di University of Wisconsin.

Seorang dosen yang melihat kecerdasan Huang merekomendasikan untuk bekerja di Oracle, Microsoft dan IBM. Meski ketiganya menerima Huang, ia ternyata memilih masuk Google yang saat itu belum terkenal seperti sekarang.

Ketiga perusahaan itu menerimanya jadi karyawan, tapi Huang memilih melamar ke Google.

Huang masuk di saat yang tepat, karena di tahun 2004 Google menjual saham perdana. Tiga tahun bekerja, Google pun menjadi perusahaan raksasa.

Huang mendapatkan kompensasi cukup besar sehingga membuatnya mengambil keputusan resign dan pulang kampung.

Tahun 2007 ia mendirikan perusahaan e-commerce dan pembuat game di China. Namanya masih belum dikenal hingga tahun 2015 lalu ia membuat Pinduoduo.

Padahal saat itu e-commerce China dikuasai Alibaba dan JD milik Jack Ma. Huang membuat Pinduodo berbeda dan berhasil menjaring pelanggan.

Diantaranya, siapa saja yang berhasil mengajak orang lain belanja di Pinduoduo akan mendapatkan diskon. Pembeli beruntung juga bisa memainkan game gratis.

Dan Pinduoduo lebih memilih melayani warga di kota pinggiran, pasar yang belum sepenuhnya diambil e-commerce lainnya. (man)

Loading...