Autograph Tower Gedung Tertinggi di Indonesia dan 10 Bangunan Tertinggi di Dunia

Loading...

Suarasiber.com – Autograph Tower di komplek Thamrin Nine, Jakarta yang tingginya sekitar 385 meter, bakal jadi gedung tertinggi di Indonesia. Gedung itu dijadwalkan dioperasikan pertengahan 2021.

Meski tertinggi di Indonesia, namun gedung ini masih kalah jauh dengan Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab yang tingginya sekitar 828 meter. Dan, sudah digunakan sejak 2010.

Berikut adalah daftar 10 gedung tertinggi di dunia.

Burj Khalifa

Burj Khalifa yang artinya Gedung Pemimpin itu, hingga saat ini adalah gedung tertinggi di dunia. Gedung dibangun dalam waktu sekitar 6 tahun atau sejak 2004 dan selesai tahun 2010.

Dengan ketinggian hampir sekitar 1 Km tersebut, gedung tersebut bisa dilihat dari jarak hingga sekitar 100 Km, jika kondisi cuaca sedang dalam keadaan cerah.

Shanghai Tower

Foto – pixabay

Seperti namanya gedung ini terletak di Kota Shanghai, China. Gedung ini dibangun mulai 2008 dan selesai dibangun pada tahun 2014 dengan ketinggian sekitar 632 meter.

Dikutip dari wikipedia.org, Shanghai Tower adalah Shanghai Tower menjadi bangunan tertinggi di Cina dan tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai.

Makkah Royal Clock Tower

Foto – instagram/madam.parfum.official

Makkah Royal Clock Tower yang tingginya sekitar 601 meter, adalah bangunan tertinggi ketiga di dunia. Dan, bangunan ini terletak tepat di depan Masjidil Haram, Arab Saudi.

Sesuai namanya, bangunan tinggi ini merupakan salah satu bagian gedung dari Hotel Makkah Royal Clock Tower – Fairmont Hotel yang berada dalam komplek Abraj al Bait.

Komplek Abraj al Bait yang seluruhnya memiliki 3.000 kamar hotel dan apartemen. Kemudian, ada 20 lantai pusat perbelanjaan. Tempat parkirnya bisa untuk 1.000 unit mobil.

Ping An Finance Center, China

Ping An International Finance Centre yang berarti Pusat Keuangan Internasional Ping An, adalah gedung pencakar langit dengan tinggi 599 meter. Dan, terletak di Kota Shenzhen, Guangdong, China.

Bangunan ini dibangun sejak sekitar tahun 2010 dan selesai tahun 2017. Sekaligus menjadi gedung tertinggi kedua di China dan keempat di dunia.

Selain jadi pusat bisnis Asuransi Ping An, di gedung ini juga terdapat perkantoran, hotel, ritel, pusat konferensi, dan pusat perbelanjaan kelas atas. Sedangkan di lantai 116 untuk dek observasi bernama Free Sky.

Lotte World Tower, Korea Selatan

Foto – pixabay

Menara Lotte World adalah sebuah gedung pencakar langit yang ketinggiannya sekitar 555,7 meter dan terletak di Seoul, Korea Selatan. Bangunan ini tertinggi di Korea Selatan dan kelima di dunia.

Gedung yang dibangun mulai tahun 2010 sudah dibuka untuk umum sejak tahun 2017. Yang punya banyak fungsi. Antara lain untuk ritel, perkantoran, hotel bintang tujuh dan officetel.

One World Trade Center, Amerika Serikat

One World Trade Center atau 1 World Trade Center) dan lebih populer dengan sebutan 1 WTC dulunya bernama Freedom Tower.

Bangunan yang tingginya sekitar 541,3 meter ini terletak di komplek World Trade Center di Lower Manhattan, New York City. Awal dibangun tahun 2006 dan selesai 2013.
One World Trade Center akan menjadi bangunan tertinggi di Amerika Serikat dan tertinggi keenam di dunia.

Guangzhou CTF Finance Centre, China

Foto – instagram/venkatshri20

Guangzhou CTF (Chow Tai Fook) Finance Centre dan populer dengan sebutan Menara Timur) adalah gedung pencakar langit yang tingginya sekitar 530 meter. Dan, terletak di Kota Guangzhou, Guangdong, Tiongkok yang selesai dibangun tahun 2016.

Menara ini menempati peringkat ketiga gedung tertinggi di China. Setelah Menara Shanghai dan Ping An Finance Centre (599 meter). Dan, peringkat ketujuh tertinggi di dunia.

Menara ini memiliki total 111 lantai di atas tanah, lima di bawah tanah, pusat perbelanjaan, perkantoran, apartemen dan hotel.

CITIC Tower, China

Menara CITIC atau biasa disebut Zun Tiongkok adalah gedung pencakar langit di CBD Beijing, Tiongkok. Tingginya sekitar 528 meter dengan 109 lantai ini menjadi gedung tertinggi di Beijing sampai saat ini.

Menara Zun Tiongkok merupakan gedung serba guna yang terdiri dari ruang kantor 60 lantai. Kemudian, ada untuk apartemen mewah 20 lantai dan hotel 20 lantai dengan 300 kamar. Selain itu dilengkapi juga dengan taman atap pada ketinggian 524 meter.

Taipei 101, Taiwan

Foto – isntagram/taipei101_official

Taipei 101 adalah pencakar langit setinggi 101 tingkat dengan ketinggian sekitar 508 meter dan terletak di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Nama resminya adalah Gedung Finansial Internasional Taipei.

Gedung ini punya sejumlah keunggulan dibanding gedung tinggi lainnya di dunia.Antara lain fiber optik dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 gigabyte per detik.

Kemudian, Toshiba telah menyediakan dua lift tercepat di dunia yang dapat mencapai kecepatan maksimum 1.010 m/min (63 km/jam atau 39 mil/jam).

Sehingga, mampu membawa pengunjung dari lantai dasar ke lantai pengamat di lantai 89 dalam waktu 39 detik.

Shanghai World Financial Center, China

Foto – instagram/kievlen

Shanghai World Financial Center, adalah gedung pencakar langit di Kota Shanghai, Cina. Gedung ini merupakan gedung yang terdiri dari kantor, hotel, ruangan konferensi, dek pengamatan dan mall.

Tinggi total gedung pencakar langit ini sekitar 492 meter dan merupakan gedung pencakar langit tertinggi di Shanghai. Dan, tertinggi ke-10 di dunia.

Sekaligus, menjadikan China sebagai negara paling banyak memiliki bangunan tertinggi di dunia. Juga bukti kedigdayaan ekonomi negara yang dulu dijuluki Tirai Bambu. (mat)

Loading...