free page hit counter

Seorang Pasien Meninggal Covid-19, Natuna Kini Zona Kuning

Loading...

NATUNA (suarasiber) – Kabupaten Natuna menjadi zona kuning persebaran Covid-19 setelah seorang warganya dikabarkan meninggal karena corona. Sebelumnya, Kabupaten Natuna adalah zona hijau.

Pasien tersebut berinisial Z yang sempat diisolasi di RSUD Natuna. Warga ini juga menjadi pasien pertama positif Covid-19 di kabupaten ini. Hasil swab-nyabaru keluar pada minggu malam (18/10/2020).

Keterangan ini disampaikan Jubir Penanganan Covid-19 Natuna, Hikmat Aliansyah kepada wartawan, Senin (19/10/2020).

Menurut dia, Tuan Z datang berobat ke RSUD Natuna pada Rabu, 14 Oktober malam dengan keluhan batuk, pilek dan sesak nafas. Ia lalu dirapid test dan hasilnya negatif. Lalu dilakukan rontgen dan terlihat adanya Pneumonia pada paru paru tuan Z.

“Kemudian petugas berencana melakukan swab pada hari Jumat, namun sayang pagi jam 6 pasien Z dinyatakan meninggal dunia,” ujar Hikmat Aliansyah, seperti dikutip dari natunakab.go.id.

Swab tetap dilakukan. Sebagai antisipasi petugas juga sudah melakukan pemakaman secra protokol covid-19. Setelah jenazah dimandikan tidak ada lagi kontak dengan keluarga, dimasukan dalam peti dan dimakamkan secara Covid-19.

“Status Natuna bergeser menjadi kuning, tidak lagi hijau, namun jika kasusnya tidak berkembang bisa kembali ke zona hijau, kita doakan saja,” harap Hikmat.

Mengenai kenyataan tersebut, langkah selanjutnya yang diambil oleh satgas covid-19 adalah akan melacak keluarga dan orang-orang yang kemungkinan melakukan kontak kepada tuan Z dan melakukan rapid test, dan jika reaktif akan dilanjutkan dengan swab.(mat)

Loading...