Sagu Lingga Berpartisipasi dalam Pemecahan Rekor Muri

Loading...

Suarasiberdotcom – Kabupaten Lingga sebagai penghasil sagu berpartisipasi dalam Pekan Sagu Nusantara 2020 yang diselenggarakan pada Selasa (20/10/2020) pagi secara virtual.

Dalam kegiatan ini juga disejalankan dengan pemecahan rekor MURI berupa Makan Olahan Sagu di Lokasi Terbanyak. Terdapat 14 provinsi yang mengikuti acara secara serentak di 17 titik di Indonesia.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga sebagai leading sector di bidang pertanian sangat antusias ambil bagian dalam kegiatan pameran produk olahan sagu.

Produk yang ditampilkan diantaranya brownis sagu, sirup sagu, hingga produk hand sanitizer dari bahan sagu. Juga tak ketinggalan penganan khas Lingga dari bahan pokok sagu, yakni lakse, lendot, kokyam dan sebagainya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Kabupaten Lingga, Siswandi, optimis masyarakat akan lebih pintar mengolah sagu. Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya dan petani sagu khususnya.

“Sagu sudah menjadi makanan secara turun temurun di Lingga. Walaupun beras ada, namun sagu juga kita lestarikan, kita budidayakan, kita tingkatkan kualitasnya, karena ini juga makanan pokok kita juga disini,” tambahnya.

Pekan Sagu Nusantara 2020 semakin semarak dengan talkshow bersama host Kick Andy, Andy F Noya. Juga ada konser bersama Vidi Aldiano secara virtual.

Selain Kabupaten Lingga, kabupaten lain yang juga berperan memecahkan rekor muri ialah Kabupaten Mappi (Papua), Kabupaten Jayapura (Papua), Kabupaten Teluk Bintuni (Papua Barat), Kabupaten Sorong Selatan (Papua Barat), Kabupaten Kaimana (Papua Barat).

Lalu Kabupaten Konawe, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Tapin, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Kepulauan Mentawai (Sumbar) dan Kabupaten Luwu Utara. (mat)

Loading...