Sambut MotoGP, Motor Yamaha Dilengkapi Holeshot Device

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Ada yang berbeda dengan penampakan motor Yamaha untuk MotoGP, seperti tertangkap kamera di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (9/2/2020).

Pada hari itu Tim Monster Energy Yamaha MotoGP menggunakan perangkat teknologi baru pada sesi uji coba di sirkuit tersebut. Perangkat ini dinamakan holeshot device, yang diyakini membantu proses start pembalap.

Ditulis di instagram motogpindonesia, holeshot device Yamaha YZR-M1 kali pertama diujicoba oleh pembalap penguji Yamaha Kohta Nazane.

Video yang diambil dari Muchapicha GP ini menunjukkan bagaimana Kohta menekan sebuah tombol yang ada di bagian kiri dekat tanki.

holeshot device bekerja dengan menekan kompresi suspensi belakang hingga ke titik maksimal. Itu membuat bagian belakang motor menjadi rendah dan mengunci sehingga mengurangi dampak wheelie yang jadi salah satu faktor start buruk.

Wheelie adalah posisi start saat roda depan terangkat. Hal inilah yang diminimalisir. Dengan kondisi tersebut diharapkan pembalapnya mendapatkan start yang bagus.

Masih dari instagram yang sama, holeshot device ini mirip dengan yang dipasang di Ducati. Bedanya, Ducati meletakkan perangkat ini di bagian segitiga atas pada bagian kemudi. (man)

Loading...