free page hit counter

Hati-hatilah dengan Online Shop Seperti Ini

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Semakin majunya toko online dibarengi dengan perilaku sejumlah pemilik online shop (OLS) yang tak terpuji. Hampir setiap saat ada berita konsumen ditipu.

Suarasiber.com merangkum beberapa hal yang bisa dipakai untuk menghindari tipuan para pemilik OLS nakal. Disarikan dari beberapa sumber, berikut hal-hal yang mengindikasikan bahwa pemilik OLS wajib dicurigai.

Harga barang jauh lebih murah

Tentu saja calon pembeli menginginkan harga yang tak terlalu jauh dibadingkan OLS lainnya. Nah, ketika bertemu dengan OLS yang justru menawatkan harga lebih murah jangan langsung senang, sebaliknya berhati-hatilah.

Akun Medsosnya Baru

Cek dahulu kapan akun medsos pemilik OLS dibuat. Dengan demikian calon pembeli mengetahui apakah yang bersangkutan memang penjual yang lama menekuni usahanya atau baru saja.

Menolak bayar di tempat

Saat ini membeli barang secara online sudah melazimkan yang namanya cost on delivery atau pembayaran dilakukan ketika barang yang dipesan sampai ke tangan pembeli.

Menolak didatangi

Jika calon pembeli ingin datang ke rumah atau toko pemilik OLS, pemiliknya ngeles terus seolah-olah tidak ingin ada calon pembeli mengunjungi tokonya.

Menolak kirim foto atau video

Ditanya alamat tokonya saja mbulet, apalagi mengirimkan foto wajahnya. Pemilik OLS abal-abal biasanya menghindari banget calon pembeli yang meminta video call.

Infromasi produk asal-asalan

Pemilik OLS biasanya dengan sangat senang memberikan informasi produknya dengan jelas, lugas dan lengkap. Ini membuktikan ia memang memiliki produk yang dijualnya dan mengenal bahan atau bentuknya secara langsung.

Kalau ada OLS yang memberikan informasi produknya ngirit banget, sebaiknya Anda pikirkan lagi untuk bertransaksi dengannya.

Mencatut nama Bea Cukai

Salah satu alasan paling gampang yang akan disampaikan pemilik OLS nakal ketika pembeli sudah transfer tetapi barangnya tak sampai-sampai ialah, berasalan barangnya dutahan Bea Cukai karena bla-bla bla.

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi Anda semua. Selamat berbelanja. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •