free page hit counter

Jepang Kucurkan Dana Hibah Sektor Perikanan Natuna, Kepri

Loading...

RANAI (suarasiber) – Pejabat Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar pertemuan dengan perwakilan Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, di Kantor Bupati Natuna, Kamis (22/8/2019) siang. Pembahasan yang dilakukan seputar dana hibah untuk sektor perikanan.

Sebagaimana diberitakan melalui setda.natunakab.go.id, pada intinya pertemuan tersebut membahas terkait rencana penyerahan bantuan dana hibah dari Pemerintah Jepang kepada Pemerintah Kabupaten Natuna.

dana hibah jepang
Foto – humas natuna

Dalam kesempatan tersebut, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Natuna, Robertus Louis Stevenson yang mewakili Bupati Natuna sangat menghargai upaya itu.

“Pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Natuna sangat menghargai dukungan tersebut karena dirasa akan berdampak pada sektor perikanan. Sementara pelaku utama pengelolaan potensi perikanan adalah masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya perwakilan asosiasi usaha asal Jepang, JK, memaparkan sejumlah rencana kerja sama sekaligus penyerahan dana hibah. Bantuan diserahkan untuk Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa.

Kepala Kantor JK Jakarta, Yamanaka menerangkan bantuan hibah diserahkan berdasarkan survei sebelumnya. Hasil survei, wilayah Kabupaten Natuna memiliki potensi sektor perikanan yang sangat melimpah.

“Namun untuk menjadikannya nilai tambah bagi pemerintah daerah maupun masyarakat dibutuhkan system pengelolaan dan anggaran yang tidak sedikit,” katanya.

Melalui dana hibah yang ditujukan bagi revitalisasi infrastruktur seperti pasar ikan, maupun dana operasional yang akan diserahkan ke SKPT diharapkan berdampak positif untuk peningkatan perekonomian masyarakat tempatan.

Diketahui bersama, SKPT di Selat Lampa merupakan salah satu dari 6 sentra pengelolaan perikanan yang ada di Indonesia. Dalam pengoperasiannya juga mendapatkan dukungan dana hibah. (hs)

Loading...