Tes Nih, Hayo Siapa Tahu Istilah PISA?

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Dunia pendidikan, juga bidang lain memiliki beberapa istilah yang mungkin asing di telinga kalian. Di bidang pendidikan, ternyata ada satu istilah yang mendunia, yakni PISA.

Nah, tahukah kalian apa yang dimaksud PISA ini?

Jawabannya suarasiber temukan di Instagram @kemdikbud.ri yang diunggah Rabu (19/11/2019). PISA merupakan kependekan dari Programme for International Student Assessment.

PISA adalah sesbuah sistem ujian yang diinisiasi oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). Ujian ini untuk mengevaluasi sistem pendidikan dari 72 negara di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Setiap tiga tahun, siswa berusia 15 tahun dipilih secara acak untuk mengikuti tes dari tiga kompetensi dasar. Yaitu membaca, matematika dan sains.

PISA mengukur apa yang diketahui siswa dan apa yang dapat dia lakukan (aplikasi) dengan pengetahuannya.

Unggahan ini pun mendapatkan tanggapan netizen. Diantaranya sebagai berikut:

itskarinaameli: Min, survei PISA di Indonesia ini pelaksanaannya siswa menjawab soal yang sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia atau soal asli yg berbahasa Inggris?

nadilaadiansa: Alhamdulillah saya pernah ikut tahun kemarin

flashcomindonesia: Coding & design apakah masuk dalam kategori sains ya?

muhammadbintangandrean: Cara ikutnya bagaimana ya ? Terus, benefit bagi siswa yang ikut PISA ? Haturnuhun.

Nah bagi yang ingin tahu seperti apa cara kerja PISA, bisa menyaksikan video di bawah ini.

Atau bagi kalian yang ingin memutar video webinar dari PISA ini bisa mengunjungi laman berikut ini. Bisa juga mengikutinya di Twitter dengan hastag #OECDPISA atau di Facebook OECDEduSkills. (man)

Loading...