free page hit counter

Bunga Hias di Kantor, Bukan Sekadar Pajangan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Bunga hias sudah dikenal sejak lama. Manusia memanfaatkannya untuk mempercantik ruangan. Sekarang benda ini seolah menjadi kebutuhan, baik di rumah maupun di kantor.

Sayangnya masih ada yang meletakkannya sembarang tempat. Padahal setelah dipajang ada maksud dan tujuan. Jika selama ini ada yang berpikiran meletakkan bunga hias hanya untuk pajangan, sebaiknya perlu belajar membaca beberapa hal.

Seorang perupa dan seniman di Kepri, Zainal Hafizhin dimintai pendapat suarasiber soal ini. Dihubungi melalui telepon, warga Bengkong Sarmen, Batam ini memberikan beberapa kiat agar bunga hias mendapatkan fungsinya.

Menambah betah tamu dan karyawan dengan hadirnya di atas meja, diambil di BPR BAS, Batu 9, Tanjungpinang. Foto – suarasiber

Pertama, harus menyesuaikan dengan warna cat ruangan. Semahal apapun bentuk pajangan jika tidak serasi dengan warna ruangan akan mengurangi keindahannya.

“Penting untuk dipikir, belilah pajangan setelah mengecat dinding ruang. Maksudnya biar perpaduan warna di antara mereka benar-benar menyatu,” tutur lelaki yang juga hobi mematung ini.

Kedua, ukuran bunga hias seharusnya tidak menghabiskan sudut pandang. Karena bicara soal kantor, sudah pasti ada tamu yang akan datang. Jika sebuah ruang kantor dipenuhi pajangan yang berlebihan, akan memberikan dampak kesan ruangan yang sempit.

Ketiga, sesuaikan tanaman tiruan tadi untuk beberapa lokasi penempatan. Karena oleh pembuatnya, ada yang dibuat untuk diletakkan di atas meja. Namun ada juga yang dibuat untuk diletakkan di sudut ruangan. Dari segi ukuran sudah pasti beda.

Bahwa ada yang memberikan saran semakin besar pajangan semakin bagus, pesan Zainal hal itu seharusnya tidak dijadikan pedoman. Semakin banyak pajangan yang diatur secara sembarang akan membuat kesan yang tak teratur.

“Yang ditanyakan kan bunga hias untuk kantor, kan? Jika perlu diskusi dahulu dengan mereka yang menguasai desain interior,” saran Zainal, Jumat (15/11/2019).

Kesannya lebih ramah dan penuh semamat. Foto diambil di BPR BAS, Batu 9, Tanjungpinang. F- suarasiber

Sebagai seniman, selama ini banyak pemilik usaha yang meminta pendapatnya soal penataan ruang. Biasanya Zainal akan menggambarkan sketsanya kepada konsumen biar mereka memiliki gambaran. Ia akan menghadirkan warna melalui polesan warna lewat ujung kuasnya.

Keempat, bunga tiruan juga harus selalu bersih. Itulah yang dikatakan Zainal jika ingin meletakkannya di ruang kantor. Jika tidak seminggu, sebulan sekali membersihkannya juga menurutnya sudah bagus.

Tanaman dalam ruangan, baik itu bunga hidup- atau tiruan butuh perawatan. Mahal harganya jika dibiarkan begitu saja, tentu membuat mereka yang melihatnya kurang nyaman.

Justru jika menggunakan bunga tiruan cara merawatnya lebih mudah. Karena biasanya bisa dilepas, sehingga antar bagian bisa dibersihkan dengan maksimal.

Menurut Zainal, yang membuat karyawan dan tamu sebuah kantor bukan hanya soal keramahan. Faktor kenyamanan bekerja di sebuah ruang juga akan memengaruhi produktivitas. Nah, bagi Anda pemilik kantor, sudahkan menyadari pentingnya bunga hias? (man)

Loading...