Presiden Jokowi: Ini Tol Terpanjang yang Pernah Saya Resmikan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka), Jumat (15/11/2019). Ini menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia, membentang 189 kilometer di dua provinsi, Lampung dan Sumatera Selatan.

Presiden Jokoei menyebutkan jika Tol Terpeka merupakan jalan tol terpanjang yang pernah diresmikannya. Ia berharap jalan tol ini segera disambung dari Kayu Agung ke Palembang, selanjutnya sampai Betung, Banyuasin.

Dikutip dari Instagram @hutamakarya, dengan diresmikannya jalan ini oleh Presiden Jokowi, selanjutnya bisa digunakan oleh publik.

Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo.

Diharapkan dengan adanya Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung ini, maka semakin baik pula konektivitas dan percepatan jalur distribusi dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya.

Melalui instagramnya @jokowi, Presiden Jokowi juga menuliskan Tol Terpeka ini panjang totalnya 189,2 kilometer, dan merupakan bagian dari tol trans-Sumatra sepanjang 2.974 kilometer dari Lampung sampai Aceh.

“Dengan tersambungnya ruas tol ini, waktu tempuh dari Bakauheni-Palembang sepanjang 365 kilometer akan lebih singkat, menjadi 4-6 jam dari sebelumnya 10-12 jam,” tulis Presiden.

Presiden Jokowi pun menyebut sekarang bola itu ada di tangan pemerintah daerah. Para gubernur, bupati dan wali kota dipersilakan menyambungkannya ke kawasan wisata, sentra perikanan, perkebunan, pertanian dan zona industri.

“Dengan begitu, akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru,” tutup Presiden. (man)

Loading...