free page hit counter

Wings Air Uji Coba Terbang Batam – Karimun

Kepala Bandara Raja Haji Abdullah, Fanani Zuhri. Foto – dok pribadi

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Wings Air, grup Lion Air akan menjadi bagian dari moda transportasi udara warga Tanjungbalai Karimun. Maskapai ini merencanakan uji coba terbang pada hari Kamis (23/5/2019).

Penerbangan ini akan dilakukan menggunakan pesawat jenis ATR 72-500/600. Pesawat akan take off dari Bandara Hang Nadim, Batam pukul 13.00 WIB. Perjalanan akan ditempuh dalam waktu 35 menit. Pukul 13.35 WIB pesawat mendarat di Bandara Raja Haji Abdullah, Seibati, Tanjungbalai Karimun.

“Sesuai jadwal, uji coba terbang atau proving flight akan dilaksanakan Kamis,” ujar Kadishub Karimun, Fajar Horison, Senin (20/5/2019).

Wings Air Ambil Kesempatan

Kepala Bandara Raja Haji Abdullah, Sei Bati, Kabupaten Karimun, Fanani Zuhri juga membenarkan hal tersebut. Pihaknya pun melakukan persiapan yang diperlukan demi kelancaran terbang uji coba.

Kepada awak media, Fanani mengemukakan jika terbangnya Wings Air dari Batam ke Tanjungbalai Karimun dan sebaliknya terjadi begitu saja.

Sebelumnya dkirimkan proposal permohonan ke tiga maskapai yakni Wings Air, Nam dan Citylink.

Dari ketiganya, akhirnya Wings Air yang mengambil kesempatan tersebut. Dikatakan Fanani, ia sudah bertemu dengan Direksi Lion Grup di Gedung Lion Tower, Jakarta. Pertemuan pada tangga;l 20 Mei 2019 itu menghasilkan kesepakatan pembukaan rute baru dari Batam ke Tanjungbalai Karimun.

Pada uji coba terbang itu, yang ikut adalah kru, tim operasi, pemasaran dan bagian lain.

Harga Tiket Rp110.000 – Rp289.000

Jika hasil uji coba terbang sesuai harapan maka ada rencana untuk melakukan penerbangan perdana Batam – Tanjungbalai Karimun 30 Mei 2019.

Disampaikan oleh Fanani, dalam uji coba terbang itulah akan diketahui kelayakan bandara. Juga memastikan prosedur tetap untuk pendaratan maupun lepas landas berjalan lancar.

Tentu pihak Wings Air akan melakukan penilaian saat itu, kata Fanani. “Dan kaau tidak ada perubahan, tanggal 30 Mei ini akan dilakukan terbang perdana rute Batam-Karimun. Pesawat terbang dari Bandara Hang Nadim Batam pukul 08.45 WIB dan tiba di Karimun 09.10 WIB,” tuturnya.

Sedangkan penerbangan dari Tanjungbalai Karimun ke Batam dilaksanakan pukul 09.40 WIB. Pesawat akan mendarat di Batam 10.00 WIB.

Jadwal tersebut berlaku setiap hari. Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 106 Tahun 2019, harga tiketnya Rp110.000 – Rp289.000.

Maskapai ini juga dikabarkan akan membuka Rute Karimun – Tanjungpinang dan Karimun – Pekanbaru. Namun hal itu masih membutuhkan kepastian.

Sebelumnya, Wings Air sudah terlebih dahulu membuka penerbangan rute Batam – Anambas, pergi pulang. (man)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •