26 Guru Tanjungpinang Ikuti Pelatihan Tentang Adiwiyata

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Maritim Raja Ali Haji (PKM UMRAH) menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan RPP Terintegrasi Adiwiyata Berbasis Kearifan Lokal Kepri untuk Guru Calon Sekolah Adiwiyata di Tanjungpinang.

Sekolah adiwiyata adalah sekolah yang melaksanakan program adiwiyata, yaitu salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Kadisdik Kota Tanjungpinang Drs Dadang MSi berfoto bersama TIM PKM UMRAH dan peserta pelatihan. F-istimewa

Program ini melibatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Lingkungan Hidup.

Tim PKM UMRAH beranggotakan dosen yang terdiri dari Nur Eka Kusuma Hindrasti MPd, Azza Nuzullah Putri MPd dan Erda Muhartati MSi.

“Kami menyambut baik kegiatan ini, karena sangat dibutuhkan oleh guru-guru calon sekolah adiwiyata di Kota Tanjungpinang. Semoga Sekolah Adiwiyata di Tanjungpinang semakin bertambah,” tutur Kadisdik Kota Tanjungpinang, Drs Dadang MSi saat membuka acara, Rabu (10/10/2018).

[irp posts=”11416″ name=”Mengenal Sosok Arief yang Dicap Galak dan Menakutkan”]

[irp posts=”11411″ name=”Weekend di Warunk Upnormal, Ada yang Pedaz Dahzat…”]

[irp posts=”11406″ name=”Kapal Puskel Anambas Terbalik, Diduga karena Arus Kuat”]

Wakil dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang juga menyampaikan hal senada. Disebutkannya, sekolah yang akan mengikuti program adiwiyata harus merancang kegiatan pembelajaran berbasis lingkungan kemudian mengintegrasikan pembelajaran tersebut dengan kegiatan-kegiatan dan sarana prasarana di sekolah.

Rancangan pembelajaran tersebut tertuang dalam RPP, dengan demikian guru harus menyusun RPP terintegrasi adiwiayata.

Peserta kegiatan ini adalah 26 orang guru dari SD, SMP, dan SMA. Rinciannya, 16 guru calon sekolah adiwiyata tingkat kota, 6 guru sekolah adiwiyata tingkat kota dan 4 guru sekolah adiwiyata tingkat provinsi.

Peserta pelatihan mengikuti kegiatan dengan antusias, mereka juga bertanya dan berkonsultasi seputar adiwiyata. F-istimewa

Pemateri pertama dari DLH Tanjungpinang, Gemala Madumetha ST menyampaikan materi adiwiyata. Sedangkan Nur Eka Kusuma Hindrasti MPd sebagai Ketua Tim PKM UMRAH menjelaskan Penyusunan RPP terintegrasi adiwiyata disampaikan oleh Ibu , serta terakhir praktik menyusun RPP terintegrasi adiwiyata.

Selanjutnya, para peserta diminta menyusun RPP bersama guru-guru lintas pelajaran yang lain di sekolahnya masing-masing. Sepekan kemudian peserta diwajibkan mengirimkan RPP yang sudah terintegrasi adiwiyata melalui email.

Dalam pelatihan ini banyak peserta mengajukan pertanyaan seputar materi yang diberikan. ***

Kiriman Nur Eka Kusuma Hindrasti MPd (UMRAH)
Editor: Nurali Mahmudi

Loading...