Pentingnya Hitung Suara, Sampai Ada Bimtek dan Buku Panduannya

Loading...

TANJUNGPINANG (suara) – Pernah menyaksikan penghitungan suara di sebuah pesta demokrasi? Sekilas sepele, hanya menghitung. Ternyata ada bimbingan teknisnya cara menghitung suara.

Minggu (27/5/2018) atau besok, KPU Tanjungpinang sebagai juragan Pilkada Tanjungpinang 27 Juni mendatang menyelenggarakan bimbingan teknis penghitungan suara (Tungsura) untuk seluruh penyelenggara PPK dan PPS se-Tanjungpinang di Hotel Comfort, Tanjungpinang.

Dalam bimbingan teknis tersebut PPK dan PPS akan dibimbing tentang proses pemungutan dan penghitungan suara pada tanggal 27 Juni mendatang.

“Acara ini sangat penting, karena jika PPK dan PPS tidak memahaminya akan menjadi masalah serius nanti,” ujar Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria, Sabtu (26/5/2018).

Setelah PPK dan PPS mendapatkan bimbingan teknis, maka PPS akan melakukan hal yang sama kepada seluruh petugas KPPS secara berjenjang di tiap kelurahan. Bahkan KPU membekali tujuh anggota KPPS dengan buku panduan.

Berdasarkan pengalaman, buku panduan tersebut menjadi pegangan seandainya terjadi masalah di TPS yang harus diselesaikan anggota KPPS.

“Kami minta seluruh anggota KPPS nanti membaca dengan seksama buku panduan tersebut, isinya juga sama dengan PKPU,” kata Robby.

Ditegaskan ulang oleh Robby, bimbingan teknis penghitungan suara agar diikuti dengan serius. Karena bukti sebelumnya, masih saja ada yang salah memasukkan jumlah penghitungan.

“Akibatnya PPS dan PKK hingga KPU melakukan perbaikan kembali,” terang Robby.(mat)

Loading...