free page hit counter

Vitamin Daya Tahan Tubuh yang Bikin Awet Muda

Vitamin daya tahan tubuh 2

SUARASIBER – Vitamin daya tahan tubuh menjadi lebih kuat ada beberapa jenis. Di antaranya, adalah vitamin A, B, C, D, dan E. Tubuh manusia tidak banyak memerlukan vitamin.

Meski begitu, saat tubuh kita kekurangan vitamin dampaknya bisa fatal. Bahkan, dapat menyebabkan kematian seperti yang dialami para pelaut di tahun 1500-an.

Pada masa itu pelayaran antar benua memerlukan waktu berbulan-bulan. Selama pelayaran para pelaut hanya membawa bekal makanan, dan minuman yang diawetkan. Tanpa sayuran segar atau buah segar.

Di tengah perjalanan banyak pelaut yang meninggal, karena komplikasi beragam penyakit. Sepeti anemia, pendarahan, dan lainnya, yang berujung pada kematian.

Sekitar 100 tahun kemudian atau di awal 1600, barulah pengetahuan mulai berkembang. Dengan sejumlah percobaan diketahui lemon, dan jeruk menjadi menu wajib, yang harus dibawa bagi para pelaut masa itu.

Istilah vitamin C sendiri baru diketahui beberapa abad setelah itu atau sekitar tahun 1920-an. Diketahui, bahwa zat gizi di lemon, dan jeruk yang menjadi juru selamat nyawa para pelaut itu, adalah vitamin C.

Kisah itu menjadi fakta pentingnya peran vitamin bagi tubuh manusia. Selain, protein, lemak, dan karbohidrat. Masalahnya, tubuh kita tak mampu menghasilkan vitamin.

Jadi, kita harus selalu memenuhi keperluan vitamin dari asupan makanan, dan minuman. Untuk mendapatkan vitamin daya tahan tubuh.

Berikut ini, adalah vitamin-vitamin yang mampu membuat daya tahun tubuh, menjadi lebih kuat. Karena kita memulai dengan kisah pelaut, maka di tulisan ini kita awali dengan vitamin C.

Vitamin C

vitamin kesehatan tubuh

Ini, adalah salah satu vitamin yang disebiut juga dengan asam askorbat, dan bersifat larut di dalam air. Vitamin ini mampu meningkatkan daya tahun tubuh. Sekaligus memercepat luka jadi sembuh. Dan, meningkatkan kinerja sel darah putih.

Di samping itu, vitamin C juga menjadi antioksidan, yang bahkan bisa menangkal kanker. Karena vitamin ini bisa mencegah radikal bebas.

Vitamin C banyak diperoleh dari asupan buah-buahan segar, dan sayuran serta air kesehatan. Jeruk banyak disebut sebagai sumber terbesar vitamin C.

Padahal, sumber terbesarnya, adalah buah lemon. Setelah itu barulah jeruk. Seperti yang disebutkan pada kisah pelaut di abad pertengahan di atas. Kini, vitamin C bisa diperoleh dalam beragam kemasan di apotek.

Vitamin A

Jika vitamin C larut dalam air, maka vitamin A ini larut di dalam lemak. Sejak masa anak-anak kita diberi pengetahuan tentang pentingnya vitamin A, untuk kesehatan mata. Mata, dan penglihatam bisa rusak jika kekurangan vitamin A.

Tak salah, tapi masih kurang. Dan, salah yang terpenting, adalah kemampuannya membentuk sistem kekebalan tubuh. Sehingga, tubuh lebih tahan terhadap segala kemungkinan serangan penyakit.

Misalnya, tidak mudah kena flu yang disebabkan vitus, tidak gampang masuk angin, dan jika sakit, lebih cepat sembuhnya. Karena kemampuannya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Intinya, tubuh tak mudah drop, dan selalu sehat. Sebab, vitamin A berperan penting membentuk sel darah putih. Karena itu jagalah konsumsi Anda dengan menu yang mengandung vitamin A. Untuk menjadikan vitamin daya tahan tubuh.

Selain wortel, dan tomat, ada sejumlah makanan yang menjadi sumber vitamin A. Antara lain susu, dan produk olahannya, yakni keju. Kemudian, minyak ikan yang banyak dijual dalam kemasan cair, dan pil. Di samping itu, hati juga menjadi sumber vitamin A lainnya.

Vitamin B

minuman kesehatan

Berbeda dengan yang lainnya, vitamim B terdiri dari delapan tipe. Delapan tipe vitamin yang sifatnya larut dalam air ini, sering disebut dengan vitamin B kompleks. Yang masing-masingnya punya banyak manfaat bagi tubuh.

Termasuk, kemampuanya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ada delapan jenis vitamin B dan masing-masing memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Jika digabungkan, kedelapan zat ini disebut vitamin B kompleks. Di antaranya vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, dan vitamin B9 serta vitamin B12.

Selain dalam bentuk suplemen, vitamin B bisa diperoleh dari banyak jenis makanan. Seperti dari jenis kacang-kacangan, dan bijian. Kemudian dari susu, keju, dan ikan. Begitu juga dengan bawang putih.

Vitamin D

Ini adalah salah satu vitamin yang punya manfaat luarbiasa bagi tubuh. Salah satunya, adalah kemampuannya meningkatkan kekebalan tubuh. Dan, mampu mencegah datangnya sel kanker, seperti kanker payudara.

Karena kehebatan perannya, kekurangan vitamin ini bisa berdampak pada banyak macam penyakit. Yang terkenal adalah pengapuran tulang atau osteoporosis. Kemudian, bisa menyebabkan diabetes. Selan serangan jantung, dan darah tinggi.

Keajaiban lain dari vitamin D, adalah cara memperolehnya. Bahwa, inilah satu-satunya vitamin yang bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh.

Namun, pembentukan vitamin D di tubuh harus diawali dari paparan sinar ultraviolet (matahari) ke tubuh kita. Selanjutnya, akan terjadi perubahan senyawa di tubuh yang kemudian menjadi vitamin D. Dan, menjadi vitamin daya tahan tubuh.

Jadi, usahakan setiap harinya tubuh kita bisa terpapar sinar matahari langsung. Tentunya setelah sinarnya tak lagi menyengat kulit. Seperti di pagi, dan sore hari.

Selain itu, vitamin D juga bisa diperoleh dari sejumlah makanan. Antara lain mentega, telur, dan minyak ikan serta lainnya. Di samping dari suplemen yang dijual, untuk vitamin kesehatan tubuh.

Vitamin E

air kesehatan

Di samping menjadi antioksidan, vitamin E punya banyak sekali kegunaan bagi tubuh manusia. Termasuk, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan kesuburan. Kemudian, mencegah serangan jantung, dan menangkal kemungkinan serangan sel kanker.

Vitamin E juga kerap disebut sebagai obat awet muda. Karena, kemampuannya yang bisa membuat kulit tetap segar, tidak keriput, dan selalu terlihat berminyak atau lembab.

Itu sebabnya, suplemen vitamin E kerap menjadi buruan siapapun yang ingin tetap terlihat muda. Dan, tanpa sengaja ikut mendapatkan manfaat vitamin E lainnya. Seperti disebutkan di atas.

Ada sejumlah makanan yang menjadi sumber asupan vitamin E. Antara lain berbagai jenis biji-bijian, dan beragam kacang-kacangan. Selain itu buah alpukat, dan pepaya serta kates juga menjadi sumbernya atau minuman kesehatan.

Kecil tapi vital, itulah peran vitamin bagi tubuh manusia. Cara memperolehnya yang terbaik, adalah melalui asupan makanan, dan minuman. Bisa juga dengan suplemen, tapi harus konsultasi lebih dulu dengan ahlinya. Agar diperoleh manfaat dari vitamin daya tahan tubuh. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •