Vitamin B Complex dan Vitamin Lain untuk Awet Muda

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Vitamin B complex termasuk dalam jenis vitamin penting yang larut di dalam air, selain vitamin C. Seperti, thiamine, riboflavin, niacin, asam pantotenat, pyridoxine, biotin, asam folat dan cobalamins.

Tubuh kita hanya perlu sedikit vitamin, dan karenanya vitamin termasuk zat gizi mikro. Karena vitamin tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh.

Maka, setiap orang perlu mengonsumsi makanan, dan minuman. Untuk mendapatkan vitamin bagi tubuh. Sebab, vitamin hanya bisa diperoleh dari asupan makanan, dan minuman.

Sama seperti vitamin lainnya, semua zat organik pada vitamin B kompleks itu, adalah senyawa atau organik mikro. Tapi punya fungsi vital bagi tubuh.

Misalnya kekurangan vitamin A, akan berdampak pada rabun di mata. Sebab itu, asupan makanan dan minuman yang mengandung vitamin A, sangat diperlukan. Untuk kesehatan mata.

Begitu juga halnya dengan vitamin B complex, yang sangat berguna untuk kulit, kuku, dan rambut. Sehingga, vitamin ini bisa menjadi cara mengatasi rambut beruban.

vitamin b complex

Kekurangan vitamin ini bisa membuat kulit cepat keriput, cepat tua. Itu sebabnya, vitamin B complex dan vitamin lainnya bisa menjadi obat untuk awet muda. Juga menjadikannya sebagai vitamin rambut beruban.

Dengan mengonsumsi vitamin ini, berbagai gangguan kulit yang bisa membuat cepat tua bisa dicegah. Karena, kesehatan kulit bergantung ke ribonucleic acid (RNA), dan deoxyribonucleic acid atau DNA. Yang bekerja efektif berkat bantuan vitamin B komplek.

Dampak mengonsumsi makanan bervitamin dan bermineral, akan membuat kulit sehat, lembut, dan bercahaya. Sekaligus membuat awet muda. Berikut adalah vitamin-vitamin yang diperlukan agar tetap awet muda.

Vitamin B Complex

Sebagaimana disebutkan di atas, vitamin ini berguna untuk kesehatan kulit. Selain untuk kuku, dan rambut. Vitamin ini ditemukan dalam sejumlah makanan. Seperti, beras, telur, pisang, dan lainnya.

Selain dari berbagai makanan itu, vitamin ini juga bisa diperoleh dari suplemen yang dijual di pasar. Yang perlu diingat, adalah setiap orang punya kebutuhan yang berbeda. Jadi, perhatikan betul komposisinya, dan aturan takarannya.

Vitamin B complex juga dijual dalam bentuk krim yang dioleskan di kulit. Simak saja kandungan di krim yang dijual itu. Penggunaaan yang rutin, dan teratur akan membuat kulit sehat, segar, dan awet muda.

Vitamin E

Vitamin E dikenal luas banyak bermanfaat untuk kulit. Di antara manfaatnya itu, adalah membuat kulit yang kasar menjadi halus, kenyal, dan lembut.

Di samping itu, vitamin E juga melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet berlebihan. Sekaligus mencegah iritasi kulit, dan membuat bekas luka cepat pulijlh.

Bagi yang kulitnya kering disarankan makan makanan yang banyak mengandung vitamin E. Seperti jenis kacang-kacangan, minyak zaitun, dan lain-lain.

Selain dari makanan bisa juga mengonsumsi suplemen vitamin E. Namun, jangan berlebihan karena bisa bikin sakit kepala, dan diare.

Vitamin A

Sudah disebutkan di atas vitamin A, berguna untuk kesehatan mata. Selain mata, vitamin A juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Vitamin rambut beruban

Seperti memerbaiki kulit yang rusak, dan membuatnya tetap sehat, dan meminimalkan kerutan di kulit. Kemudian, menghilangkan kesan kusam di wajah. Sekaligus menghaluskan kulit, dan mencegah jerawat.

Vitamin A banyak ditemukan pada sejumlah makanan. Di antaranya wortel, sayuran yang warna daunnya hijau, dan juga ubi rambat. Sama halnya dengan vitamin lainnya, vitamin A juga bisa diperoleh dalam bentuk suplemen.

Vitamin C

Vitamin ini sangat populer di masyarakat luas, dan dikenal juga sebagai antioksidan. Yang mampu membuat tubuh kebal dari serangan infeksi. Tak hanya itu, vitamin C juga bermanfaat untuk kulit.

Dampak kesehatan untuk kulit ini diperoleh dari kandungan kolagen, yang bermanfaat untuk kelembapan kulit. Juga untuk kekenyalan kulit. Tak heran jika vitamin C menjadi bahan utama, khususnya di produk kosmetik antipenuaan.

Vitamin C ditemukan di berbagai jenis buah-buahan, dan sayuran. Antara lain buah jeruk, paprika, buah straberi, dan lain-lain. Namun, untuk konsumsinya tidak boleh berlebihan karena bisa membuat kesehatan terganggu.

Vitamin D

cara mengatasi rambut beruban

Ini salah satu jenis vitamin yang bisa diperoleh dari selain makanan, yaitu dari cahaya sinar matahari. Cukup berjemur sekitar 10 menitan di pagi hari, sangat baik untuk kulit.

Vitamin D bermanfaat untuk pembentukan sel kulit baru. Kekurangan vitamin ini bisa berdampak pada kesehatan kulit. Bisa menyebabkan iritasi, dan lainnya.

Sejumlah makanan bisa menjadi sumber vitamin D. Seperti ikan tuna, ikan salmon, hati sapi, kuning telur, susu, dan lain-lain. Di samping itu vitamin D juga bisa diperoleh dari suplemen, dan lotion.

Vitamin K

Vitamin K banyak bermanfaat untuk kulit. Termasuk untuk mengurangi keriput, dan membuat kulit tetap kencang, tetap awet muda.

Bayam, brokoli, dan sayuran lainnya yang berwarna hijau tua menjadi sumber vitamin K. Selain dari makanan, vitamin K juga bisa diperoleh dari lotion. Dan, dari suplemen, namun saat mengonsumsinya tidak boleh berlebihan.

Saat ini, banyak sekali vitamin yang dijual dalam bentuk suplemen. Praktis. Namun, jika tidak sebanding dengan yang dibutuhkan tubuh justru bisa berdampak negatif.

Jadi, sebaiknya berkonsultasi lebih dulu dengan dokter atau ahli gizi, sebelum mengonsumsi suplemen tersebut. Termasuk saat akan mengonsumsi suplemen vitamin B complex. (mat)

Loading...