free page hit counter

Vitamin Rambut Beruban yang Bikin Hitam Kembali

Vitamin rambut beruban, tak hanya harus dalam bentuk sudah jadi. Tapi bisa juga diperoleh dari makanan, dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Sekaligus untuk mencegah munculnya uban secara dini.

Sebab, selain karena faktor usia, dan genetik, uban juga bisa muncul dini karena sejumlah penyebab lainnya. Seperti karena kekurangan nutrisi, mineral, dan vitamin.

Khususnya vitamin B, dan nutrisi yang berguna dalam menyediakan melanin. Kemudian, mineral biotin, selenium, zat besi, dan lainnya.

Faktor hormon yang tidak seimbang, juga memberi dampak pada kemunculan uban secara dini. Termasuk faktor kebiasaan hidup tidak sehat, seperti merokok.

Jika faktor genetik yang menjadi penyebab uban muncul di usia dini, tidak bisa dicegah. Namun, jika karena faktor lainnya masih bisa dicegah.

Seperti mengonsumsi suplemen vitamin untuk rambut beruban atau melalui makanan. Sebagaimana yang disebutkan di bawah ini.

Makanan yang Mengandung Vitamin B12

vitamin rambut beruban

Ada sejumlah makanan yang banyak mengandung vitamin B12. Di antaranya sayur mayur yang hijau, dan jenis kacang-kacangan serta buah. Mengonsumsi ikan, dan kerang juga dianjurkan untuk mendapatkan asupan vitamin tersebut.

Vitamin ini sangat berguna untuk mencegah tumbuhnya uban di usia dini. Juga menunda kemunculan uban di usia 50 tahun ke atas.

Uban muncul seiring pertambahan usia, karena kemampuan tubuh berkurang. Khususnya, dalam menyerap vitamin untuk rambut beruban.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, bisa juga dengan cara meminum suplemen yang berisi vitamin B complex, yang diperlukan untuk rambut.

Meskipun vitamin ini juga bisa diperoleh dari telur. Jika, dikonsumsi dalam jumlah besar. Sama halnya seperti dengan cara mengonsumsi daging ayam segar.

Vitamin B dalam Makanan

vitamin b12

Selain membantu vitamin B12 membantu kinerja pembentukan sel darah merah, vitamin B9 berguna membantu rambut tetap hitam. Karena, vitamin ini berperan penting dalam memroduksi metionin yang berguna untuk rambut.

Ada sejumlah makanan yang memiliki kandungan tinggi vitamin B9. Di antaranya, asparagus, dan kacang-kacangan. Kemudian buncis, bayam, sereal, dan nasi putih juga banyak mengandung vitamin tersebut.

Vitamin B lainnya yang berguna untuk rambut, adalah vitamin B5. Yang kerap juga disebut dengan asam patotenat. Asam ini diperlukan untuk membentuk antibodi tubuh, yang sangat berguna untuk kesehatan. Juga sebagai vitamin untuk rambut beruban.

Sekaligus untuk mencegah munculnya uban. Di samping untuk penyembuhan luka di tubuh. Vitamin B5 bisa diperoleh dari sejumlah makanan. Seperti, dari kuning telur, alpukat, hati ayam, dan sayur brokoli.

Vitamin lainnya yang bermanfaat untuk mencegah uban secara dini di rambut, adalah vitamin B.1. Selain itu, vitamin ini juga berfungsi untuk memperlancar metabolisme lemak. Dan, untuk membuat fungsi sistem saraf jadi lebih baik.

Manfaat lain dari vitamin B1, adalah mencegah komplikasi pada diabetes tipe 2. Selain membantu kinerja jantung, mata, dan ginjal. Vitamin ini banyak ditemukan pada jenis kacang-kacangan, jagung, dan asparagus. Yang berguna sebagai vitamin untuk rambut beruban.

Jangan Lupakan Tembaga dan Zat Besi

vitamin b complex

Zat besi, dan tembaga memiliki banyak fungsi di dalam tubuh. Seperti untuk membantu membentuk sel darah merah. Dan, untuk meningkatkan kinerja enzim pada tubuh.

Termasuk, untuk mencegah rambut cepat memutih. Karena, keduanya termasuk mineral penting untuk membuat rambut tetap hitam.

Beberapa jenis makanan laut atau seafood mengandung tembaga yang tinggi. Seperti, kerang, dan tiram. Selain itu, hati ayam, dan sapi juga memiliki kandungan yang tinggi.

Sedangkan zat besi banyak terdapat pada hati sapi atau ayam, kemudian di daging merah yang tak berlemak. Seperti daging sapi, daging kambing atau domba.

Di samping itu zat besi banyak juga ditemukan di kerang, ikan salmon, ikan tuna, dan udang. Sejumlah makanan lainnya pun banyak mengandung zat besi. Antara lain, kacang kedelai, kacamg merah, kangkung, kurma, dan lainnya.

Hal penting yang perlu dihindari sebagaimana disebut di atas, adalah menghindari makanan olahan atau cepat saji. Apalagi, yang punya banyak pengawet atau pemanis buatan. Jangan lupa juga untuk segera berhenti merokok atau menghindari asap rokok. Semuanya itu untuk memaksimalkan vitamin rambut beruban. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •