free page hit counter

13 Tanaman Dalam Ruangan yang Menyehatkan

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Tanaman dalam ruangan mungkin tak terpikir oleh nenek moyang kita. Karena zaman dahulu suasananya masih rimbun, hutan di mana-mana. Sekarang, perumahan di mana-mana, untuk menghadirkan suasana alam orang harus mencari akal.

Kemudian muncullah ide membuat taman di pekarangan atau di dalam rumah. Namun tak semua orang bisa melakukannya karena biayanya tidak kecil. Solusi lai ialah menghadirkan tumbuhan yang bisa ditanam di dalam rumah. Dengan pot yang cantik, kadangkala tumbuhan tersebut dipercaya untuk kesehatan.

Bahkan di ruangan tertutup dan AC, sejumlah tumbuhan tidak mengalami masalah asalkan dirawat dengan baik.

Berikut tanaman dalam ruangan yang menyesuaikan dengan AC, tertutup dan untuk kesehatan.

Sirih Belanda

Jangan selalu berpikiran terlalu dalam jika mendengar kata Belanda. Kita tidak menceritakan masa penjajahan, melainkan salah satu tanaman yang disebut Sirih Belanda atau Ivy. Tahukah Anda jika tanaman ini paling efektif dalam menyerap formaldehida di dalam ruangan.

Ukuran Ivy per meter Sirih Belanda dapat menyerap hingga 1,49 gram formaldehida. Jika anaman hias dalam ruangan ac yang dicari, Sirih Belanda bisa jadi pilihan. Ia juga mempu menyerap zat-zat berbahaya seperti benzena. Dalam 24 jam, dapat menyerap 90 persen dari benzena dalam ruangan. Benzena dihasilkan dari sisa pembakaran dan digunakan dalam pembuatan plastik yang beracun bagi tubuh.

Asparagus Fern

Bentuknya yang dekoratif sudah membuat jatuh cinta. Apalagi dijadikan tanaman dalam ruangan untuk kesehatan. Kekuatannya menjadikan Asparagus Fern tanaman dalam ruangan yang unik dan menarik.

tanaman dalam ruangan untuk kesehatan

Biar lebih indah dilihat dan membantu kesehatan, idealnya ditanam dalam bentuk pot gantung atau dekorasi vas bunga. Tujuannya supaya terhindar dari perilaku tak sengaja hewan piaraan atau anak-anak. Dilihat dari estetikanya, kayaknya memang lebih afdol jika digantung.

Pachira

Bagi Anda yang sampai saat ini belum bisa meninggalkan rokok, ada baiknya mencari tanaman untuk ruangan tertutup yang bermanfaat. Salah satu contohnya Pachira. Bisa dikatakan tanaman ini adalah sahabat keluarga perokok.

Pachira adalah penyerap asap yang baik. Kalau Anda tidak dapat menghindari perokok di rumah, jangan buang waktu Anda untuk menanam Pachira di rumah. Bisa juga ditanam di pekarangan untuk membantu menyerap asap, karbon dioksida, monoksida dan melepaskan oksigen.

Palem Kuning

Sebagai tanaman dalam ruangan, palem kuning memunculkan kesan alam tropis yang santai. Kehadirannya enak dipandang. Cocok dalam ruangan tertutup atau AC karena tak membutuhkan banyak matahari langsung.

Namun jangan lupa, selalu siapkan makanannya berupa pupuk agar menjaga daunnya tetap hijau dan rindang. Tak ada salahnya menggunakan pupuk organik supaya kemampuannya sebagai penyerap udara buruk di ruangan semakin maksimal.

Lidah Buaya

Kalau jenis tanaman yang satu ini agaknya sangat familiar. Bagi kesehatan, lidah buaya sering disebut sebagai penanda udara. Ia adalah tanaman ahli pembersih udara. Bahkan satu pot lidah buaya kurang lebih sama dengan sembilan pembersih udara biologis.

Lidah buaya menyerap zat bernama formaldehida monoksida, karbon dioksida, dan karbon monoksida. Hebat, kan? Cermati, saat lingkungan kita mengandung racun melebihi ambang batas maka pada daunnya terlihat berbintik hitam. Itu menandakan lingkungan kita tak lagi sehat.

Chlorophytum atau Lili Paris

Chlorophytum adalah tanaman yang memiliki kelebihan melakukan fotosintesis. Ia bisa melakukannya di bawah cahaya lemah dan menyerap udara berbahaya.

Pernah ada penelitian, satu pot Chlorophytum di kamar seluas 200 kaki persegi cukup untuk digunakan sebagai penyaring udara untuk menyerap karsinogen (formalin dan stirena). Ia juga tanaman yang baik untuk melepaskan oksigen. Fungsi lainnya ialah mengurai benzena dan nikotin yang ada dalam tembakau bagi perokok.

Philodendron

Tanaman dalam ruangan untuk kesehatan ini akan memberikan kesan elegan dengan detil yang menawan dan memesona. Daunnya yang tumbuh dengan bentuk hati dengan helai-helai tak menyatu memberikan warna hijau yang menyejukkan.

tanaman untuk ruangan tertutup

Memandang Philodendron akan memberikan ketenangan pikiran. Mengurangi penat otak. Ia tanpa butuh banyak perawatan. Tanaman ini cocoknya diletakkan di sudut interior ruang keluarga. Hal ini untuk menghindari jangkauan anak-anak juga hewan piaraan.

Kaktus

Salah satu tanaman dalam ruangan yang disukai ialah kaktus. Kaktus mudah merawatnya sehingga tidak membuat repot pemilik rumah. Meski begitu, bukan berarti kaktus hanya hiasan.

Tanaman ini ternyata memiliki kemampuan untuk menghilangkan bakteri. Bicara soal pencemaran misalnya, kaktus juga besar pengaruhnya terhadap radiasi. Kaktus juga baik sebagai penyerap karbon dioksida di malam hari untuk melepaskan oksigen.

Spider Plant

Namanya memang menyeramkan, apalagi jaringnya itu. He he, jangan dulu lari karena spider plant adalah tanaman yang cantik bentuknya. Ia berjuntai, memiliki warna hijau yang menawan.

Tanaman untuk ruangan tertutup atau tanaman hias dalam ruangan AC ini selain mempercantik ruang juga menyehatkan. Ia mampu menyaring oksigen di dalam rumah sehingga memunculkan kesan alami.

Suplir Adiantum

Nah, kalau Anda adalah pekerja kantoran tak ada salahnya menanam tanaman yang satu ini. Suplir Adiantum memiliki fungsi menyerap radiasi, xylene dan toluene yang dihasilkan oleh monitor atau printer.

tanaman hias dalam ruangan ac

Dari hasil kajian, Adiantum menyerap 20 mikrogram per jam formaldehyde. Oleh sebab itu dianggap salah satu tanaman pembersih alami paling efektif. Apabila rumah Anda baru di cat dan ada perokok, maka pertimbangkanlah untuk menanamnya.

Monstera

Monstera dapat membantu menaikkan kualitas udara di malam hari dengan menyerap CO2 dan melepaskan oksigen. Bukan itu saja, ia juga hebat menyerap formaldehida dengan baik.

Sansievera atau Lidah Mertua

Soal mertua yang orangtua istri atau suami membuat Anda harus berhati-hati? Beda dengan lidah mertua yang ini. Mengapa disebut LIdah Mertua tak ada referensi untuk itu.

Yang jelas, tanaman ini termasuk salah satu jenis tanaman dalam ruangan untuk kesehatan. Mampu mampu memfilter udara dengan menyerap racun (polutan) berbahaya, itulah kemampuannya. Namun sebuah penelitian mengungkap ia juga mengeluarkan uap volatile organic compounds (VOC) yang berbahaya bagi kesehatan.

Peace Lily

Dari namanya saja sudah menggoda, Lily yang mendamaikan. Ya, bunga ini tak banyak membutuhkan sinar matahari langsung sehingga cocok dalam ruangan.

Hebatnya, ia mampu mekar, dengan kelopak putih yang cantik. tentu saja ia memiliki hal yang dibutuhkan untuk kesehatan. Peace Lily mampu menyerap zat beracun di dalam ruangan.

Demikianlah penjelasan menarik tentang mempercantik ruangan sekaligus menyehatkannya melalui jenis-jenis tanaman dalam ruangan. (man)

Baca Juga:

Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso Adang Marc Marquez di MotoGP Ceko

Parfum Wanita yang Bikin Pria Terpikat

Foto-foto Pemecahan 3 Rekor Selam Dunia di Manado

Kapolri Jendral Tito Karnavian Ungkap Kisah Istrinya jadi Ketua Wanita Selam Indonesia

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •