Pola Hidup Sehat Itu Mudah dan Murah

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pola hidup sehat jadi kunci menjaga kesehatan fisik, dan rohani, yang mudah, dan murah dilaksanakan. Jadi, jika ada yang berasumsi sehat itu mahal, adalah tidak benar. Yang benar, sakit itu yang membuat mahal.

Untuk itu, setiap orang dituntut mampu mencegah datangnya penyakit. Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.

Gaya hidup yang buruk dari diri sendiri, menjadi salah satu sumber penyakit yang tak disadari sejumlah orang. Yang terbentuk dari aktivitas sehari-hari. Aktivitas yang berulang, sehingga menjadi sebuah kebiasaan.

Disebutkan di situs depkes.go.id, jika kebiasaan buruk tersebut dilakukan terus menerus. Maka, penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes, dan bahkan serangan jantung akan sangat mudah sekali menyerang.

Ini Pola Hidup Sehat yang Benar dan Mudah

Semua orang tentu ingin selalu sehat, tapi bagaimana caranya yang benar. Berikut adalah beberapa langkah, untuk menuju pola hidup sehat yang benar dan mudah.

1.Ketahui kondisi kesehatan diri sendiri saat ini.

Survei membuktikan sekitar 70 persen orang, akan mengubah pola hidupnya setelah mengalami sakit. Apakah Anda juga demikian? Ini langkah yang salah, dan harus dihindari mulai detik ini.
Memeriksakan diri sebelum sakit, tidak hanya berguna untuk memantau kesehatan saja.

Akan tetapi, juga berguna supaya dokter bisa menangani penyakit tertentu. Yang mungkin akan membahayakan diri Anda di kemudian hari nanti. Oleh sebab itu, luangkahlah waktu secara berkala untuk konsultasi ke dokter.

2. Lakukan kegiatan fisik (olahraga)

Apakah Anda sering berolahraga? Atau, justru aktivitas sehari-hari Anda didominasi dengan duduk. Seperti, mengetik di depan komputer sepanjang hari tanpa aktivitas fisik?

Para pakar kesehatan menyarankan, agar Anda melakukan aktivitas fisik minimal 75 menit tiap minggunya. Dan, mengencangkan otot setidaknya dua hari selama sepekan.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa membantumu menjaga kesehatan tubuh. Misalnya seperti jogging, senam, sepeda santai, dan sebagainya. Pilihlah kegiatan yang menyenangkan sebagai aktivitas fisik yang menyehatkan.

3. Pilih makanan yang tepat.

Semua orang tentu pernah mendengar makanan 4 sehat 5 sempurna. Yup, menu tersebut telah diteliti oleh para pakar kesehatan. Dan, dinyatakan sebagai makanan sehat dengan kandungan nutrisi cukup lengkap.

Mulai dari kandungan vitamin, protein, serat, sampai mineralnya. Memilih makanan yang sehat ini hukumnya wajib. Termasuk, bagi yang ingin menurunkan berat badan, menjalani pola hidup sehat, ataupun menambah berat badan.

4. Hindarilah kebiasaan buruk.

Di samping memilih makanan yang tepat, Anda juga harus mulai menghindari kebiasaan buruk. Agar pola hidup sehat bisa terwujud dengan baik.

Beberapa kebiasaan buruk yang wajib dihentikan antara lain merokok, dan minum alkohol. Kemudian, konsumsi makanan manis, berlemak, begadang, dan sebagainya.

5. Mengelola stres.

Untuk mengelola stres sebetulnya ada banyak sekali cara yang bisa ditempuh. Misalnya dengan mengambil waktu luang untuk berileksasi, dan yoga.

Bisa juga meditasi, atau bahkan menjalani hobi, yang belakangan ini jarang dilakukan lantaran sibuk kerja. Ini penting untuk membuat pola hidup sehat tetap terjaga.

6. Istirahat cukup dan teratur.

Tidur ideal yang disarankan pakar kesehatan minimal 8-9 jam sehari. Istirahat cukup adalah kunci untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat.

Selain mencukupi waktu tidur minimal 8 jam, Anda juga harus tidur secara teratur. Usahakan tidur dan bangun dengan jam yang sama setiap harinya.

Ini sangat penting agar tubuh lebih siap kapan harus istirahat dan kapan harus bekerja.

7. Perbanyak minum air putih.

Pada dasarnya tubuh kita terdiri lebih dari 80 persen cairan. Kekurangan cairan dapat menyebabkan munculnya dehidrasi, yang berujung pada penyakit.

Sebelum tubuh sakit, lebih baik penuhi cairan tubuh dengan memperbanyak konsumsi air putih.

8. Menjaga kebersihan.

Bakteri, dan virus penyebab penyakit banyak berkembang di tempat yang kotor. Membersihkan lingkungan tempat tinggal secara rutin, adalah salah satu solusi pola hidup sehat yang paling ampuh.

Mulailah dengan menjaga kebersihan diri sendiri dulu. Misalnya mandi teratur minimal dua kali sehari, dan sikat gigi setelah makan. Kemudian, membersihkan kamar tidur, dan sebagainya. (mat)

Loading...