free page hit counter

Mengapa Pusat Kuliner di Tanjungpinang Itu Disebut Potong Lembu? Ini Asal Usulnya

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Potong Lembu, merupakan sebuah sebutan untuk akau (lokasi kuliner) tertua di Kota Tanjungpinang. Selain juga nama jalan. Sebutan Akau Potong Lembu lebih dikenal luas di kota ini.

Walau nama Potong Lembu cukup populer, namun jangan pernah membayangkan ada rumah jagal atau pemotongan hewan di tempat ini.

Saat ini, hangankan fisik rumah jagal, tapaknya pun tak ada. Yang terlihat, adalah pertokoan dari pangkal jalan hingga ke ujung jalan. Ada juga sepotong tanah lapang di pojok tikungan jalan.

Di sinilah lokasi yang sejak petang hingga malam hari menjadi pusat kuliner, Akau Potong Lembu.

Meski sekarang sudah tak ada lagi sisa rumah jagal, akan tetapi nama potong lembu memang berasal dari keberadaan rumah jagal itu.

Hal ini disampaikan Koordinator Perpustakaan dan Dokumentasi Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kepri, Dedi Arman menjawab suarasiber.com, Kamis (24/1/2019).

Dulunya, kata Dedi, memang terdapat sebuah rumah jagal di kawasan ini. “Tempat penyembelihan atau pemotongan lembu,” kata Dedi, yang kemudian populer dengan nama potong lembu.

Daeng M Yatir, tokoh masyarakat yang dikonfirmasi terpisah menguatkan keterangan Dedi.

Menurut Yatir, yang juga anggota DPRD Kabupaten Bintan ini, sebutan potong lembu itu sudah ada sejak tahun 1960-an.

Baca Juga:

Nabrak, Pot Besar Pecah, Mobilnya Rusak Parah

Tiga Mobil Tabrakan Beruntun di Tanjungpinang

Marco Simic Quin-trick, Persija Kalahkan 757 Kepri Jaya 8 – 2

Turnamen Pingpong di Mitra Raya, Batam, Semarakkan Datangnya Imlek 2019

Pernyataan ini disampaikan Yatir yang lahir dan besar di kawasan potong lembu, sebagai penegasan. Terkait dengan adanya pendapat yang menyebut nama potong lembu, baru muncul setelah kejadian kebakaran besar tahun 1983.

“Jauh sebelum itu nama potong lembu sudah ada. Karena dulunya daerah ini memang jadi tempat menyembelih lembu;” jelasnya.

Nama potong lembu, imbuh Yatir, lebih dulu berkembang sebagai nama jalan. Sebelum menjadi nama akau. Dan, nama kawasan seperti sekarang. (mat)

Bagikan berita
  • 464
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Translate »