Webinar di STIE Pembangunan, Teruslah Menulis

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Covid-19 belum berakhir hingga sekarang ini, namun hal tersebut bukan merupakan hambatan bagi dosen untuk tetap produktif khususnya dalam melakukan penelitian.

Program Studi Manajemen STIE Pembangunan Tanjungpinang melaksanakan kegiatan Webinar “Produktivitas Dosen dalam Menulis di Masa Pandemi Covid-19” melalui aplikasi Cisco Webex Meetings.

Panelis dari kegiatan ini adalah Prof. Kassim Thukiman selaku dosen Universitas Teknologi Malaysia dan Satriadi, M.Sc selaku dosen STIE Pembangunan Tanjungpinang.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 9 Mei 2020, pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB.

Dalam pemaparan materi, Satriadi, M.Sc menjelaskan mengenai tips produktif menulis di masa pandemi Covid-19, Satriadi menjelaskan beberapa cara agar dosen dapat produktif dalam menulis.

Di antaranya yaitu harus memiliki niat dan motivasi yang kuat serta inspirasi dan menyadari bahwa menulis merupakan kewajiban yang harus dipenuhi.

Kemudian, dengan memperbanyak membaca dan memiliki target bacaan.

Sementara, Prof. Kassim Thukiman dalam pemaparan materinya juga menganjurkan untuk terus menulis dengan berbagai jenis tulisan. Baik di jurnal, penelitian maupun menulis di media massa.

Karena merupakan pengetahuan yang dapat dibagi pada khalayak. Disampaikannya juga bahwa dalam melakukan penelitian, dosen diminta berkolaborasi atau bekerja sama dengan dosen lain dengan kepakaran/bidang ilmu yang berbeda.

Kemudian, kolaborasi dengan editor juga dapat dilakukan. Agar, memudahkan urusan penerbitan pada berbagai media.

Dia juga menyarankan, agar dosen dapat menghasilkan penelitian yang mencadangkan hal-hal yang practical. Yang dapat dimanfaatkan pada masyarakat khususnya pada masa pandemi ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh lebih kurang 100 orang peserta yang merupakan dosen universitas nasional. Seperti IPDN, Universitas Airlangga, Universitas Andalas, dan universitas lainnya.

Kegiatan ini, berjalan baik terlihat dari antusiasme dosen yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dan, dari banyaknya pertanyaan terkait materi ketika M. Rizki, M.HSc selaku moderator membuka sesi tanya jawab.

Salah satu pertanyaan yang disampaikan peserta, adalah terkait etika publikasi. Bagaimana publikasi dosen yang melibatkan mahasiswa dalam penulisan penelitiannya.

Menanggapi hal tersebut, kedua narasumber sepakat bahwa hal tersebut diperbolehkan. Terkait urutan nama penulis, dilihat dari pihak yang lebih banyak memberikan sumbangsih pada penelitian tersebut.

Panelist dari kegiatan ini memberikan closing remarks di penghujung acara. Prof. Kassim Thukiman, mengatakan,” Gunakanlah waktu di era pandemi ini untuk tetap mengabdi bagi bangsa dan negara melalui penelitian.” (giz)

Loading...