32 Calon Kepala Sekolah di Bintan Ikuti Diklat

Loading...

Suarasiber.com – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Tamsir SSi MSi membuka Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah Kabupaten Bintan Tahun Anggaran 2021 di Aston Hotel & Conference, Tanjungpinang, Rabu (17/2/2021).

Diklat ini diikuti oleh 32 calon kepala sekolah secara tatap muka. Panitia mengemas rangkaian acara yang berlangsung beberapa hari ke depan ini dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Pelaksanaan diklat berlandaskan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 6 Tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah.

Disampaikan Oleh Tamsir, sesuai Permendikbud tadi, guru yang diangkat sebagai kepala sekolah harus mengikuti diklat.

diklat-calon-kasek-3
Ketua Panitia Hariyanto SSos. Foto – istimewa

“Nanti para peserta mendapatkan Sertifikat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP) sebagai syarat administrasi pengangkatan,” katanya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasubag TU LPMP Kepri, Hendri Putra SPd dengan pengajar diklat Nina Ratna Suminar SSos MSi dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPK) Penjas dan BK serta Rahmah Kurniawaty SKom SS MT dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) DKI Jakarta.

Selain mereka juga ada supervisor kegiatan dari LPMP Provinsi Riau, Roberto Leonardo ST MPd.

diklat-calon-kasek-2
Pengajar diklat menyampaikan materio diklat kepada para peserta. Foto – istimewa

Rangkaian kegiatan ini sebenarnya terdiri dari empat tahap. Tahap pertama berupa On The Job Training / OJT I, sudah dilaksanakan 5 Februari 2021 lalu di tempat yang sama.

Diklat hari ini merupakan tahap kedua, In Service Training / IST I dengan durasi 50 (lima puluh) Jam Pelajaran (JP).

Berikutnya ialah On The Job Training / OJT II, dilaksanakan di sekolah asal calon kepala sekolah dan di sekolah magang yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan dengan durasi 200 (dua ratus) JP.

diklat-calon-kasek-4
Para peserta diklat adalah guru yang lulus seleksi substansi. Foto – istimewa

Pada pelaksanaan OJT II akan dilakukan pendampingan dari pengajar diklat sebanyak 3 (tiga) kali yaitu di bulan Maret dan 2 kali di bulan April.

Sedangkan tahap terakhir, In Service Training / IST II dengan durasi 30 (tiga puluh) JP yang akan dilaksanakan selama 4 (empat) hari bertempat di Aston Hotel & Conferenc

Di tempat yang sama, ketua panitia Hariyanto SSos mengatakanĀ tujuan diklat untuk memberikan pengalaman yang terpadu antara sikap, pengetahuan dan keterampilan pada dimensi kompetensi kepribafian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial dengan pengalaman empirik (kontekstual) sesuai karakteristik calon kepala sekolah.

“Keseluruhan tahap diklat durasinya 300 jam pelajaran yang diikuti guru yang lulus seleksi substansi (administrasi dan akademik),” jelas pria yang akrab disapa Anto ini. (fut)

Loading...