Pemkab Bintan Evaluasi dan Antisipasi Lonjakan Harga Pasar

Loading...

Suarasiber.com – Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith didampingi Sekretaris Daerah Ronny Kartika memimpin Rapat Staf dengan seluruh OPD dan Camat se-Kabupaten Bintan, Senin (04/03) di Ruang Rapat II Bandar Seri Bentan.

Rapat staf dilaksanakan sebagai evaluasi sekaligus penguatan berbagai bidang diantaranya Peningkatan SDM yang Berkualitas, Berkarakter dan Berdaya Saing, Penguatan Perlindungan Sosial, Penguatan Infrastruktur dan Sarana-Prasarana Penunjang Sektor-Sektor Unggulan serta Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup dan Ketahanan Bencana, Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik serta Penguatan Tata Kelola Pemerintahan.

Terkait upaya mencegah inflasi, Pemerintah Kabupaten Bintan mulai bergerak dan menyusun strategi dalam menjaga kestabilan serta mengantisipasi agar tidak terjadi lonjakan harga barang.

“Yang paling utama Bapak Ibu dan rekan-rekan semua. Jaga kekompakkan, jaga kebersamaan, fokus pada tugas da fungsi masing-masing. Baru kemudian kita optimalkan terus sinergitas diantara semua,” pesan Wabup Osit mengawali rapat.

Osit juga menegaskan kepada seluruh OPD dan Camat untuk memahami dan melaksanakan tugas dengan baik serta penuh tanggung jawab. Diharapkan semuanya selalu berusaha mencari solusi secara inovatif dan kreatif dalam kerangka peraturan perundang-undangan yang mendasarinya.

Untuk itu, ditekankan pentingnya membangun komunikasi, koordinasi serta kekompakan dan kebersamaan seluruh Perangkat Daerah, bekerja sebagai Team Work, untuk melaksanakan kebijakan Pemerintah guna memberikan pelayanan kepada masyarakat di berbagai bidang dan menjadi pemersatu di masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Bintan mengatakan bahwa rapat dilaksanakan bertujuan untuk meminta kepada seluruh stakeholder agar dapat mengeluarkan strateginya dalam menjaga kestabilan baik demand (permintaan pasar) maupun supply (stok barang) sehingga nantinya di lapangan tidak terjadi gejolak yang akan menimbulkan kelangkaan sehingga rentan menimbulkan kenaikan harga barang khususnya menjelang puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Ronny juga mengatakan bahwa dirinya sangat optimis jika kestabilan harga dapat dikontrol dengan baik maka nantinya akan memiliki dampak yang besar sehingga diharapkan masyarakat dapat melakukan jual beli kebutuhan sembako dengan harga yang terjangkau. Selain itu, beberapa langkah juga akan dilakukan dimana jika terjadi lonjakan harga yang signifikan kemungkinan akan dilakukan operasi pasar, dengan pengadaan paket sembako murah melalui Dinas terkait.

“Jika terjadi lonjakan harga yang signifikan kemungkinan, operasi pasar juga direncanakan akan gencar dilakukan di beberapa titik pasar. Sehingga, nantinya tidak ada masalah terkait harga kebutuhan pokok yang melonjak disaat bulan suci Ramadhan dan Hari Raya,” jelasnya. (***)

Loading...