PWI Kepri Gandeng Mitra dari Jepang Tanam 50 Ribu Bakau di Bintan

Loading...

Suarasiber.com – Pengurus Wartawan Indonesia (PWI) Kepulauan Riau (Kepri) bersama Komunitas Pecinta Mangrove Indonesia menanam 50 ribu bibit pohon bakau di Sungai Tiram, Desa Penaga, Kabupaten Bintan, Selasa (6/2/2024).

Penanaman mangrove sempena peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 ini juga menggandeng dua mitra dari Jepang, yakni Ricoh Group dan YL Forest City. Ltd.

Hadir juga Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Pemkab Bintan, M Panca Azdigoena MSi dan Kabid Komunikasi dan Kehumasan, Trio Andana.

Ketua PWI Kepri, Andi Gino mengatakan, kegiatan penanaman mangrove ini menjadi wujud kepedulian insan pers terhadap kelestarian ekosistem.

Menurutnya, pohon mangrove dapat menyerap karbon (CO2) dan akan menghasilkan oksigen (O2).

“Di tengah isu deforestasi dan pemanasan global, PWI Kepri berkomitmen untuk ambil peran dalam menjaga kelestarian lingkungan,” kata Andi di sela penanaman bibit bakau.

Koordinator Komunitas Pecinta Mangrove Indonesia, Ady Indra Pawennari menuturkan, 50 ribu batang pohon mangrove ditanam di lahan seluas 5 hektare.

Ditambahkannya, Komunitas Pecinta Mangrove Indonesia sudah 14 tahun konsisten melakukan penanaman mangrove di Kabupaten Bintan.

Ady sendiri berkomitmen untuk menjadikan Bintan sebagai percontohan mangrove di Kepri.

“Kami terus bekerja sama selama 14 tahun ini. Semua bibit yang kami tanam disini, kami ambil dari tanaman mangrove yang ada disini.

Kami ingin menjadikan Bintan sebagai percontohan mangrove di Kepri,” ujar Ady yang juga Bendahara PWI Kepri.

Kepala Diskominfo Kepri, Hasan yang diwakili Kabid Komunikasi dan Kehumasan, Trio Andana memuji kepedulian PWI Kepri dan Komunitas Pecinta Mangrove terhadap kelestarian lingkungan.

Ia pun berharap, kepedulian PWI Kepri dan Komunitas Pecinta Mangrove ini dapat berkelanjutan dan menjadi inspirasi bagi warga Kepri.

“Kami mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan kawan-kawan PWI. Harapan kami insan pers dapat semakin inspiratif,” imbuhnya. (***/zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...