Tabrakan KA Turangga dan Commuterline Bandung Raya Makan Korban Jiwa

Loading...

Suarasiber.com – Kereta Api (KA) Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung dan Commuterline Bandung Raya, mengalami kecelakaan di km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugura-Stasiun Cicalengka pada Jumat (5/1/2023) pukul 06.03 WIB.

EVP of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji dalam keterangan resminya menjelaskan jalur rel antara Haurpugur – Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut.

Pihaknya melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang menggalami musibah tersebut,.

Upaya selanjutnya dari KAI adalah melakukan upaya evakuasi 2 rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan. BUMN ini juga akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain.

KNKT akan dilibatkan KAI untuk mencari penyebab tabrakan.

Kapolresta Bandung, Kombes Kusworo Wibowo beserta jajarannya pun langsung terjun ke tempat kejadian perkara (TKP).

Ia memberikan keterangan, ada tiga orang yang tewas akibat tabrakan ini. Mereka adalah masinis, asisten masinis, dan pegawai kereta,” demikian dikutip suarasiber.com dari YouTube Kompas TV, JUmat (5/1/2024).

Polisi, Basarnas, Damkar, Dinkes melakukan upaya dan memasang garis perimeter guna mencegah warga mendekati TKP.

Atas peristiwa ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan permohonan maaf.

Video tentang tabrakan ini pun tersebar di WhatsApp grup. Sejumlah orang tampak berkerumun di dekat bangkai kereta yang tabrakan. Salah satu gerbong terlihat melintangi di jalan dalam kondisi miring.

Ujung gerbong masuk ke air. Tidak sedikit warga yang mengabadikannya. Sementara video lain menggambarkan kepanikan penumpang yang berteriak turun turu turun! Kondisi jalan becek dekat rel tak dipedulikan. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...