Ribuan Bubu dan Ratusan Jaring Serta Bubu Diserahkan ke Nelayan Bintan

Loading...

Suarasiber.com – Sebanyak 11 kelompok nelayan yang ada di Kabupaten Bintan menerima bantuan hibah alat tangkap perikanan di Aula Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Kamis (18/1).

Janis bantuan yang diterima berupa 2.015 buah Bubu Ketam, 165 roll Kawat Bubu dan 490 unit Jaring Ikan dan Udang.

Penyerahan dilakukan oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Kepri, Dewi Kumalasari Ansar didampingi Bupati Bintan, Roby Kurniawan.

Bantuan Pemkab Bintan ini disalurkan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bintan dengan harapan mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Dewi Ansar mengharapkan bantuan ini juga dapat menjadi dorongan positif bagi nelayan pesisir untuk terus berkontribusi dalam pembangunan daerah dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Sementara itu, Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan sarana alat tangkap perikanan yang diberikan ini merupakan langkah nyata pemerintah dalam mendukung keberlanjutan sektor perikanan lokal dan pemerintah daerah ke depan juga akan terus berupaya mendukung sektor perikanan sebagai salah satu pilar ekonomi lokal.

Bantuan untuk nelayan sudah beberapa kali dilakukan oleh Pemkab Bintan.

Awal September 2023 lalu Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten BIntan menyerahkan bantuan benih ikan air tawar dan satu eksavator.

Pertengahan Desember 2023, Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad menyerahkan bantuan 50 gulung, bubu ketam 900 buah, jaring udang 100 buah, cooler box 20 unit, dan Jaring Tangsi sebanyak ukuran 2 inchi 202 ball dengan anggaran mencapai Rp321,3 juta rupiah.

Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengatakan sepanjang tahun 2021-2023 telah banyak bantuan perikanan seperti benih ikan lele 774.500 ekor, bibit ikan nila 292.150 ekor dan bibit ikan gurami 70.900 ekor. Selain itu juga ada 4 unit KJA HDPE di Teluk Bintan, 8 unit jaring kerambah untuk budidaya air laut di Desa Pengudang, dan 1 unit eksavator hari ini di Desa Malang Rapat. (machfut)

Editor Yusfreyendi

Loading...