Warga Bintan Terima Bantuan Pertanian dan Pertanian

Loading...

BINTAN (suarasiber.com) – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menyerahkan bantuan pertanian dan perikanan yang disejalankan dengan penyerahan Bantuan Pangan Pemerintah Tahap 2 untuk Kabupaten Bintan di Aula Kantor Bupati Bintan, Kamis (14/9/2023).

Penyerahan bantuan pertanian, perikanan, dan bantuan pangan pemerintah ini dilakukan untuk menjamin ketahanan pangan dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

“Kita ingin memastikan di Kepri semua ketersediaan bahan pangan dari pertanian bisa terpenuhi, juga kita menjaga agar inflasi bisa terus ditekan dengan menjamin tersedianya kebutuhan pokok,” kata Gubernur Ansar.

Bantuan pertanian yang diserahkan ke 41 kelompok tani ini terdiri dari 160 sachet benih cabai merah, 350 sachet benih cabai merah besar, 17,25 ton pupuk NPK, 14.200 liter pupuk organik, 220 roll media tanam plastik mulsa, 3.000 batang bibit kelapa, 300 sachet benih padi, 13 unit hand traktor, 3 unit pompa air, dan 4 unit kultivator. Ada juga bantuan peternakan berupa 10 ekor bibit sapi betina.

Lalu bantuan perikanan yang diberikan adalah bubu ketam sebanyak 2.500 buah dan kawat bubu sebanyak 60 gulung untuk lima kecamatan di Kabupaten Bintan.

Adapun bantuan pangan yang diberikan ke Kabupaten Bintan berupa beras untuk 6.907 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Setiap KPM menerima beras 10kg/bulan selama tiga bulan, sehingga bantuan pangan untuk Kabupaten Bintan sebesar 207.210 ton beras.

Bantuan pangan ini kolaborasi lintas stakeholder bersama BULOG untuk penugasan, Kantor Pos sebagai distributor, dan pemerintah daerah yang melakukan pengawasan.

“Kami berharap bantuan beras ini bisa meringankan beban masyarakat dan uang untuk membeli beras bisa dialihkan ke kebutuhan lain yang lebih bermanfaat,” kata Gubernur Ansar.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Bintan Roby Kurniawan mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk Kabupaten Bintan. Menurutnya bantuan pertanian ini sangat membantu kelompok tani di Bintan meningkatkan produktivitas mereka.

“Kami yakin bantuan yang diberikan pemerintah provinsi bisa kami gunakan secara maksimal untuk kemandirian pangan di Kabupaten Bintan,” kata Roby Kurniawan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kepri Dr. Ruslan Boy, Pimpinan Perum BULOG Tanjungpinang Meizarani, Eksekutif Manajer Kantor Pos Tanjungpinang Eko Pradinata, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan Rony Kartika. (jlu)

Loading...