Roby Buka Diseminasi Audit Stunting, Bintan Siap Wujudkan Indonesia Emas 2045

Loading...

Suarasiber.com – Bupati Bintan, Roby Kurniawan didampingi Wakil Bupati Bintan, Ahdi Muqsith membuka kegiatan Diseminasi Audit Kasus Stunting Semester II Tahun 2023, Rabu (20/12) di Aula Bandar Seri Bentan. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya mendukung Program Percepatan Penurunan Stunting.

Dalam sambutannya, Roby menyampaikan dan memberikan apresiasi kepada DP3KB Bintan sekaligus ucapan terima kasih atas terlaksananya kegiatan tersebut. Bagi Roby, diseminasi ini sangat penting agar data-data dari hasil audit tersebut bisa dipelajari untuk menentukan langkah-langkah kerja ke depan.

“Jadi setelah pembagian bantuan harus dimonitor, harus dilihat perkembangan serta cek sanitasinya termasuk pemberian gizi dan kebersihan lingkungannya,” ungkapnya.

Diharapkannya juga kegiatan ini dapat berjalan lancar yang kemudian juga bisa menampung banyak masukan terhadap audit kasus stunting. Dengan optimisme diharapkan pula kasus-kasus maupun indikasi-indikasi stunting tidak lagi terjadi khususnya di Bintan. Roby juga mengajak semua elemen masyarakat bergerak bersama-sama dalam menyelesaikan kasus stunting agar Indonesia Emas 2045 dapat terwujud.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bintan, Irma Anisa dalam laporannya menyampaikan bahwa Pemerintah menetapkan stunting sebagai isu prioritas nasional dalam peningkatan pembangunan jangka menengah 2020-2024.

Dengan target penurunan yang signifikan yaitu kondisi 24,4 persen pada tahun 2021 ditargetkan menjadi 14 persen pada tahun 2023.

Audit kasus stunting merupakan salah satu tahapan dalam percepatan penurunan stunting dan ini merupakan amanat yang harus dilakukan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Kemudian diperkuat dengan Peraturan BKKBN RI Nomor 12 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Penurunan Angka Stunting Indonesia. Untuk itu, salah satu tahapan dalam percepatan penurunan stunting itu adalah adanya Audit Kasus Stunting. (***)

Loading...