Pemprov Kepri Ingin Kundur Jadi Sentra Pertanian

Loading...

KARIMUN (suarasiber.com) – Gubernur Kepulauan Riau Anasr Ahmad menginginkan Kundur di Tanjungbalai Karimun menjadi sentra pertanian. Pemprov Kepri akan terus memberikan dukungan untuk mewujudkannya.

“Bantuan yang diserahkan ini diharapkan bisa membangun semangat petani, meningkatkan kualitas pertanian, dan menjadikan Kundur sebagai sentral pertanian, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kemandirian petani di Kabupaten Karimun,” kata Gubernur Ansar.

Hal itu disampaikan Gubernur Ansar saat menyerahkan berbagai bantuan pertanian kepada masyarakat Dusun Taelong, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun, Senin (18/9/2023).

Bantuan pertanian yang diserahkan kepada 20 kelompok tani ini mencakup 80 sachet benih cabai merah, 235 sachet benih cabai merah besar, 1.500 Kg pupuk NPK, 100 liter pupuk organik cair, 60 roll Media Tanam Plastik Mulsa, 8.960 Kg Pupuk Organik untuk tanaman Durian, 1.600 Kg Pupuk NPK untuk tanaman Durian, serta 4.500 Kg Dolomit untuk tanaman Durian. Selain itu, ada bantuan peternakan berupa 16 ekor bibit sapi betina dan 2 ekor bibit sapi jantan.

Gubernur Ansar menekankan bahwa Pemerintah Provinsi Kepri juga akan terus berkomitmen untuk mengembangkan berbagai produk pertanian seperti sorgum dan ubi di Kepri sebagai alternatif untuk menggantikan beras. Ini adalah salah satu langkah dalam menjaga ketahanan pangan dan menghindari inflasi pangan yang mungkin terjadi di Kepulauan Riau.

“Saya yakin bahwa bantuan ini juga akan memberikan manfaat signifikan bagi para petani Kundur, menciptakan kondisi yang lebih baik, dan menjadi salah satu cara dalam membantu mengontrol inflasi pangan di Kepulauan Riau,” ujarnya.

Gubernur Ansar Ahmad menutup sambutannya dengan menekankan pentingnya tersedianya bahan pangan dari pertanian di Kepulauan Riau dan komitmennya untuk terus mendukung hal tersebut.

“Kita ingin memastikan di Kepulauan Riau semua ketersediaan bahan pangan dari pertanian bisa terpenuhi, juga kita menjaga agar inflasi bisa terus ditekan dengan menjamin tersedianya kebutuhan pokok,” tutupnya.

Bupati Kabupaten Karimun, Aunur Rofiq, turut mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Beliau yakin bahwa bantuan ini akan membantu kelompok tani di Kabupaten Karimun untuk meningkatkan produktivitas pertanian mereka, dan menjadikan daerah ini lebih mandiri dalam hal pangan.

“Kami yakin bahwa bantuan yang diberikan oleh pemerintah provinsi dapat kami manfaatkan secara maksimal untuk mencapai kemandirian pangan di Kabupaten Karimun,” kata Aunur Rofiq.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Biro Adpim Doddy, Kepala Biro Kesra Kepri Aiyub, Kepala Dinas ESDM Kepri Darwin, Kepala Dinas Pendidikan Kepri Andi Agung, tim percepatan pembangunan Kepri Suyono, dan masyarakat Desa Taelong. (ky/***)

Editor Yusfreyendi

Loading...