Nama Galang Rambu Anarki Dibuat Iwan Fals karena Terinspirasi Pulau Galang di Batam

Loading...

Suarasiber.com – Iwan Fals blak-blakan tentang nama anak pertamanya yang sudah meninggal 25 April 1997 lalu. Ternyata, nama Galang Rambu Anarki berkaitan erat dengan sebuah tempat di Kepri.

Pengakuan ini disampaikan Iwan Fals melalui Youtube Iwan Fals Musica dengan judul NGalor Ngidulnya Iwan Fals Episode 18 tentang Galang Rambu Anarki.

Dilihat suarasiber dari video yang sudah ditonton 92 ribu warganet ini, nama depan anak sulung Iwan Fals tersinspirasi dari Pulau Galang di Kota Batam.

“Saat itu (kelahiran anak pertama), saya terinspirasi dengan Pulau Galang,” kata Iwan Fals.

Galang Rambu Anarki lahir pada 1 Januari 1982, anak pertama Iwan Fals dan Rosanna. Kala itu Pulau Galang juga dikenal sebagai tempat penampungan manusia perahu dari Vietnam. Pulau Galang mencuat pada tahun 1980-an, di mana ribuan pengungsi asal Vietnam terdampar di sini lalu dibuatkan penampungan oleh PBB dengan segala fasilitasnya.

Para pengungsi ialah warga Vietnam yang tak ingin terlibat peperangan. Saat mereka kabur meninggalkan Vietnam dengan perahu seadanya, negara ini memang baru memanas setelah Vietnam Utara yang berpaham komunis mengalahkan Vietnam Selatan.

Warga Vietnam Selatan pun beramai-ramai melarikan diri hingga sampailah ke Pulau Galang di Kota Batam.

Di pulau ini mereka menaruh harapan yang baru. Tentang masa depan yang baru, cita-cita yang lebih baik dan sebagainya. Mereka tak ingin lagi bersinggungan dengan peperangan.

Iwan Fals adalah salah satu musisi yang gemar menyuarakan kedamaian, selain kritik sosial pada umumnya. Apa yang terjadi di Pulau Galang pun menginspirasi dirinya saat memberikan nama anak pertama.

“Saya berharap Galang seperti itu. Bisa menampung segala keluh kesah atau mimpi-mimpi manusia, dan masa depannya. Sama seperti Pulau Galang itu. Niat-niat baiknya,” ungkap pemilik nama asli Virgiawan Listanto ini.

Filosfi lainnya, Pulau Galang dianggap Iwan Fals sebagai tempat yang bisa menggalang atau mengumpulkan orang-orang yang sedang membutuhkan tempat.

Sementara Rambu dimaknai sebagai pentunjuk dalam kehidupan. Iwan Fals pun berharap Galang Rambu Anarki senantiasa mendapatkan petunjuk baik.

Untuk Anarki, artinya paham. Anarki diartikan orang yang suka damai untuk dirinya.

“Ya, kalau dia lapar, dia makan. Kalau ngantuk, dia tidur. Dia tidak mau dicederai, ya dia tidak akan mencederai orang. Dia tahu kalau dicubit sakit, maka dia tidak akan mencubit orang lain,” tutur Iwan Fals.

Lagu-lagu Iwan Fals memang banyak disuka berbagai kalangan. Bupati Bintan dua periode, Ansar Ahmad yang sekarang Gubernur Kepri, sering mengundang musisi jalanan hanya untuk menyanyikan lagu-lagu Iwan Fals.

Salah satu musisi jalanan yang kerap diundang Ansar ialah Jup Majen.

Tentang Galang Rambu Anarki

Putra sulung Iwan Fals – Rosanna ini mengikuti jejak ayahnya, memilih mendalami dunia musik. Ia merupakan gitaris grup band Bunga yang menelorkan album dengan lagu andalan Kasih Jangan Kau Pergi.

Lagu tersebut kemudian dirilis kembali dengan judul Untukmu, Galang tanpa kehadiran Galang yang telah berpulang.

Galang sempat berpacaran dengan Ine Febriyanti dan berkeinginan menikah pada usia muda. Ine Febriyanti saat ini dikenal dengan nama Sha Ine Febriyanti.

Baik Galang Rambu Anarki dan Ine Febriyanti sama-sama terjun di dunia hiburan.

Kematian Galang Rambu Anrki mengejutkan banyak orang. Ia ditemukan meninggal di kamarnya. Iwan Fals menuturkan jika anaknya itu memang memiliki penyakit asma.

Meski begitu, ada spekulasi jika Galang Rambu Anarki meninggal lantaran overdosis.

Jasad Galang dimakamkan di Leuwi Nanggung, Bogor.

Iwan Fals pun menciptakan lagu dengan judul sama dengan nama almarhum. Lagu Galang Rambu Anarki menjadi salah satu lagu di album Opini yang diluncurkan tahun 1982.

Mengutup lyricfind.com, inilah lirik lagu Galang Rambu Anarki.

Galang rambu anarki anakku
Lahir awal januari menjelang pemilu
Galang rambu anarki dengarlah
Terompet tahun baru menyambutmu
Galang rambu anarki ingatlah
Tangisan pertamamu ditandai bbm
Membumbung tinggi
Maafkan kedua orangtuamu
Kalau tak mampu beli susu
Bbm naik tinggi
Susu tak terbeli orang pintar tarik subsidi
Mungkin bayi kurang gizi
Galang rambu anarki anakku
Cepatlah besar matahariku
Menangis yang keras janganlah ragu
Tinjulah congkaknya dunia buah hatiku
Doa kami di nadimu
Galang rambu anarki dengarlah
Terompet tahun baru menyambutmu
Galang rambu anarki ingatlah
Tangisan pertamamu ditandai bbm
Melambung tinggi
Maafkan kedua orangtuamu
Kalau tak mampu beli susu
Bbm naik tinggi
Susu tak terbeli orang pintar tarik subsidi
Mungkin bayi kurang gizi
Galang rambu anarki anakku
Cepatlah besar matahariku
Menangis yang keras janganlah ragu
Tinjulah congkaknya dunia buah hatiku
Doa kami di nadimu
Cepatlah besar matahariku
Menangis yang keras janganlah ragu
Hantamlah sombongnya dunia buah hatiku
Doa kami di nadimu. (syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...