Luncurkan Program Pemberdayaan 10.000 UMKM, Sandiaga Tunjuk Merry Riana sebagai Duta Ekraf

Loading...

JAKARTA (suarasiber.com) – InspiraFest 2023 yang dilaksanakan 11-12 Agustus mengusung tema Creative Economy dilaksanakan di Sutera Hall Alam Sutera, Tangerang Selatan.

Menparekraf Sandiaga Uno yang hadir secara virtual di hari ke-2 menunjuk Merry Riana sebagai duta ekonomi kreatif.

“Saya selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Miss Merry Riana untuk menjadi Duta Motivator Ekonomi Kreatif atas dedikasinya sebagai Entrepreneur, Investor dan Content Creator yang telah betul-betul memberikan inspirasi dalam perekonomian kreatif Indonesia,” ujar Sandiaga.

Ia berharap penunjukkan Merry Riana sebagai Duta Ekonomi Kreatif ini dapat menginspirasi para pelaku sektor ekonomi kreatif untuk terus berkolaborasi. Serta berkontribusi meningkatkan kesejahteraan, membuka lapangan pekerjaan untuk pemulihan ekonomi yang lebih baik dan demi Indonesia emas di 2045.

Sebelumnya, pada sesi InspiraFest 2023 ini diumumkan pemenang Merry Riana Entrepreneur of the Year Award. Total ada 20 pemenang, di antaranya adalah Chikita Virgina (Ardena) di kategori F&B, Dr Kristoforus Hendra (inHarmony) di kategori Health, Tom MC Ifle (Top Coach Indonesia) di kategori Community, Listia Magdalena (Last Day Production) di kategori Creative, Hendra Gunawan (Snack Zone) di kategori From Indonesia To The World.

InspiraFest 2023 sendiri dihadiri ribuan peserta dan 40 pengusaha ternama di Indonesia.

Hari pertama dikemas dalam bentuk Workshop dan terbagi dalam beberapa ruang kelas dengan pilihan topik menarik. Diantaranya ada, Greysia Polii (Founder of Fine Counsel), yang berbagi pengalaman di awal membangun bisnis Fine Counsel saat bertemu Presiden RI Joko Widodo usai menjuarai Olimpiade. Edho Zell (Founder of Social Bread), di sesi Community menyampaikan bahwa dalam membangun komunitas selain memberikan value dan berdampak, penting juga untuk bisa memikirkan strategi memonetisasi. Ada juga Rudy Salim (CEO Prestige Motorcars) yang membagikan pentingnya memiliki unique selling point dalam sebuah bisnis.

Hari kedua InspiraFest dibuka oleh Bapak Mochtar Riady pemilik dari Lippo Group. Ia menceritakan perjalanannya dari Malang yang merantau ke Jakarta hingga bisa menjadi sukses hingga di usianya yang ke-95 tahun saat ini.

“Di zaman sekarang, harus memiliki pola pikir sebagai ‘Salesman level satu’ yang bukan hanya fokus jualan tapi bisa memberi manfaat, contohnya ya Bu Merry Riana ini,” ujar Mochtar Riady.

Mochtar Riady juga menyaksikan penandatanganan kerjasama antara MD Co dengan PT Bank Nationalnobu Tbk (Nobu Bank) yang menyepakati program pemberdayaan 10.000 UMKM Ekonomi Kreatif khususnya ‘Femalepreneur’ di Indonesia.

Kerja sama ini ditandatangani secara simbolis oleh Merry Riana, Managing Principal MD Co, dan Suhaimin Johan, Direktur Utama Nobu Bank.

Kerja sama mencakup 3 hal utama sebagai berikut:

Pembinaan dan pemberdayaan UMKM Ekonomi Kreatif khususnya femalepreneur
Dukungan akses permodalan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan layanan perbankan dari Nobu Bank untuk pengembangan usaha
Coaching & community yaitu program pelatihan bisnis bagi pelaku usaha UMKM secara terpadu dalam lingkup komunitas yang dibentuk dan dibina oleh MD Co.

“Kami di MD Co memiliki visi yang sama dengan Nobu Bank, dan saya percaya kerjasama ini adalah bentuk nyata kami dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia,” ujar David Tjokrorahadjo, Managing Principal MD Co.

Di acara yang sama MD Co juga meluncurkan MD Foodiverse, sebuah platform yang dibuat untuk memberdayakan para pelaku usaha UMKM khususnya di bidang F&B untuk bisa naik kelas. Sylvia Surya selaku General Partners dari MD Foodiverse berharap kehadiran MD Foodiverse mampu mendorong perekonomian Indonesia di sektor F&B, yang merupakan salah satu peluang usaha berpotensi besar di Indonesia.

Untuk diketahui, Merry Riana adalah seorang Entrepreneur, Investor, dan Content Creator.

Dalam waktu singkat setelah kelulusannya, ia mencapai pendapatan 1 juta dolar di usia 26 tahun. Bahkan kisah hidupnya telah diangkat ke layar lebar dan menjadi film biografi terlaris di tahun 2015.

Merry Riana Group memiliki beberapa bisnis unit. Di bidang edukasi, dengan 16 cabang Merry Riana Learning Centre di seluruh Indonesia, Merry Riana Events, dan EdVenture, Merry Riana Edukasi telah membantu pengembangan diri ribuan anak dan remaja.

Sebagai Content Creator, ia juga membagikan inspirasi dan motivasi setiap harinya kepada jutaan subscribers dan followersnya.

Sebagai Investor, ia membangun MD Co, Venture Builder yang membantu UKM untuk naik kelas dan juga MD Capital yang memberikan pendanaan untuk para startup Indonesia. Saat ini sudah ada lebih dari 40 perusahaan yang berada di dalam portfolio MD.

Seperti yang dikatakan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia ke-6 : “Indonesia butuh anak muda inspiratif seperti Merry Riana.”

Sementara MD Co merupakan sebuah Venture Builder yang berfokus pada Business Leadership Coaching dan Brand Development yang dikelola oleh Merry Riana, David Tjokrorahardjo dan Coaches lainnya untuk mengajarkan para entrepreneur membangun bisnis satu juta dolar pertamanya.

MD Co menaungi MD Accelerator yaitu sebuah program bagi para entrepreneur di Indonesia, dimana di dalamnya akan dibimbing untuk meningkatkan profitability, mengerti mengenai penggunaan data, berkesempatan mendapatkan funding dan pitching serta mendapatkan komunitas entrepreneur yang saling membangun.

MD Co juga menaungi MD Champions yaitu berbagai perusahaan yang sudah melakukan strategic partnership degan MD Co. MD Champions berkesempatan untuk berkolaborasi untuk menjalankan bisnis dengan Merry Riana, David Tjokrorahardjo, maupun MD Coaches lainnya yang relevan dengan bisnisnya.

Beberapa perusahaan yang sudah menjadi bagian dari MD Champions, di antaranya : Tribelio (community platform), M Kitchen (F&B), Cantata (sekolah musik), GLO (gamification), Kunataruma (home decor retailer), Dental21 dan Edental (dental klinik), Popcorn Technology (POS System), dan Govokasi (Internship Platform). (***/syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...