ASEX 01-Natuna Bedah Rumah Warga, Pengobatan dan Khitan Massal

Loading...

NATUNA (suarasiber.com) – Engineering Civic Action Program Encap (ENCAP) atau rahabilitasi/perbaikan rumah untuk menumbuhkan solidaritas negara Asean yang tergabung dalam Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) ASEX 01 – Natuna (Asean Solidarity Exercise) melaksanaklan beragam kegiatan sosial.

Pada bulan Agustus 2023 Asex 01-Natuna sudah mulai melakukan aktivitas kegiatan kemanusian sosial seperti melakukan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Perbaikan RTLH hingga Senin (28/8/2023) masih dalam proses rehabilitasi sekitar 5 unit rumah yang berada di Pulau Sabang Mawang, Natuna.

Koordinator rehabilitasi yang tergabung dalam ASEX 01-Natuna terdiri dari TNI dan masyarakat setempat masih melaksanakan pembongkaran 5 rumah warga tersebut. Rumah yang kondisinya rusak berat diperbaiki bagian tiangnya, bantalan papan/lantai, atap dan resplang, kamar mandi dan pemasangan rangka plafon dan pemasangan kuda-kuda atap.

Rehabilitasi sejumlah rumah penduduk tersebut merupakan bentuk kepedulian kemanusian dalam rangkian kegiatan Asex 01 – Natuna yang melibatkan unsur-unsur militer dan sipil dari negara Asean yang baru pertama kali diadakan dengan TNI sebagai koordinator utama.

Menurut rencanya selain rehabilitasi RTLH oleh Asex 01- Natuna juga akan melakukan berbagai kegiatan sosial lainnya seperti pengobatan massal, sunnatan masal, pembagian sembako dan kegiatan lainnya.

Kegiatan Asex 01- Natuna rencananya akan dibuka oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Batam pada 19 September 2023 dihadiri oleh seluruh Panglima Militer anggota Asean. (***/fan)

Editor Yusfreyendi

Loading...