Berperan Tangani Stunting, Insentif Kader Posyandu di Tanjungpinang Dinaikkan Rp100 Ribu

Loading...

Suarasiber.com – Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma SIP MM membawa kabar gembira bagi kader Posyandu yang selama ini turut serta dilibatkan dalam upaya menekan angka stunting di kaota ini.

Pemkot Tanjungpinang telah menaikkan insentif kader posyandu dari Rp500 ribu menjadi Rp600 ribu per bulan. Pembayarannya pun tidak lagi per tiga bulan, melainkan sebulan sekali bisa diterima.

“Tahun depan mulai Januari 2024 saya usulkan insentif kader Posyandu naik menjadi Rp700 ribu per bulan,” ungkap Rahma.

Kenaikan ini disebutnya sebagai bentuk penghargaan dari Pemkot Tanjungpinang kepada kader Posyandu yang telah berupaya menurunkan kasus stunting.

Kader posyandu memiliki peranan penting untuk membantu pemerintah salah satunya membantu penanganan stunting yang menjadi atensi dari pemerintah pusat. Berkat kader Posyandu, dapat mengurangi satu persatu kasus stunting yang ada di wilayah setempat.

“Kader Posyandu yang mendeteksi dini adanya kasus stunting baru masuk ke Dinkes dan ke Puskesmas, karena itu saya sebagai Wali Kota Tanjungpinang mengapresiasi setinggi-tingginya peran kader Posyandu yang luar biasa,” ujarnya.

Rahma mengungkapkan, sebagai bentuk perhatian Pemko Tanjungpinang telah menaikkan insentif kader posyandu dari Rp500 ribu menjadi Rp600 ribu per bulan dan pembayarannya pun dibayar tidak per triwulan namun sekarang dibayar per bulan.

Pemkot Tanjungpinang menyelenggarakan Jambore Posyandu yang pertama sejak Covid-19 mereda, beberapa waktu lalu, di lapangan Terminal Bintan Center, Tanjungpinang Timur.

Kepala Dinkes Kota Tanjungpinang Elfiani Sandri menyampaikan kegiatanini sebagai bentuk penghargaan Pemerintah Kota Tanjungpianang kepada kader posyandu se-Kota Tanjungpinang yang telah berperan aktif menjalankan tugasnya.

Rangkaian Jambore Posyandu sudah dimulai 17 Juli 2023 lalu. Ada lomba yel-yel, senam maumere, penyuluhan dan cipta menu pendamping Asi.

“Lomba telah dilaksanakan di Gedung Aisyah Sulaiman dan pada hari ini kita mengumumkan pemenang dan kita beri penghargaannya,” ucapnya. (***/syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...