Berperan Nyata Bantu Pemerintah Selesaikan Persoalan Sosial, Apakah LKKS Itu?

Loading...

Suarasiber.com – Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Kepulauan Riau, Hj. Dewi Kumalasari Ansar mengungkapkan bahwa lembaga ini memiliki peran nyata dalam membantu pemerintah menyelesaikan permasalahan sosial di masyarakat.

Melalui koordinasi dengan lembaga/organisasi sosial, LKKS mendukung Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, terutama di Kabupaten Bintan dan Kabupaten Lingga, dalam penanganan permasalahan kesejahteraan sosial.

Hal tersebut diutarakannya menghadiri Kegiatan Koordinasi, Integrasi, Sinkronisasi, dan Sinergi LKKS Kepri bersama Pilar-pilar Sosial di Madu Tiga Beach, Kawal, Bintan, Ahad (9/7).

Kegiatan ini diikuti oleh 120 peserta yang terdiri dari Pilar-pilar Sosial baik dari Provinsi Kepulauan Riau, Kabupaten Bintan, maupun Kabupaten Lingga. Tema kegiatan ini adalah “Menggalang Partisipasi Pilar-pilar Sosial untuk Mengatasi Permasalahan Sosial di Masyarakat Kepri”.

Dewi Ansar mengungkapkan bahwa LKKS memiliki peran nyata dalam membantu pemerintah menyelesaikan permasalahan sosial di masyarakat. Melalui koordinasi dengan lembaga/organisasi sosial, LKKS mendukung Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, terutama di Kabupaten Bintan dan Kabupaten Lingga, dalam penanganan permasalahan kesejahteraan sosial.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, Pilar-pilar Sosial di Kepri dapat saling berkoordinasi dengan baik, sehingga kedepannya dapat memberikan solusi kepada pemerintah dalam menghadapi permasalahan sosial yang ada di Kepri,” jelasnya.

Dewi Ansar juga berharap kegiatan ini dapat menyamakan persepsi antara Pilar-pilar Sosial di Kepri, sehingga dapat memperkuat rasa kesatuan, kerjasama, serta mempererat silaturahmi di antara Pilar-pilar Sosial.

“Setelah kegiatan ini selesai, diharapkan Pilar-pilar Sosial dapat saling membantu dan mendukung baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Dengan demikian, jika ada permasalahan di masyarakat, kita dapat saling berkoordinasi dan bahu-membahu untuk menyelesaikannya,” harapnya.

Terakhir, Dewi Ansar menegaskan bahwa kegiatan ini juga menjadi sarana evaluasi antar Pilar-pilar Sosial baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Dengan adanya evaluasi ini, diharapkan tercipta kesatuan dan visi yang sejalan antara Pilar-pilar Sosial di Kepri dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dari kegiatan ini, kita dapat melakukan evaluasi dan diskusi bersama, sehingga kedepannya dapat tercipta program-program prioritas dari Karang Taruna, Tagana, TKSK, IPSM, dan Pilar Sosial lainnya. Melalui evaluasi dan diskusi bersama ini, diharapkan pengabdian Pilar-pilar Sosial di Kepri dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kepri,” tutupnya.

Mengutip dinsos.magelangkota.go.id, LKKS merupakan lembaga koordinasi antar lembaga/organisasi sosial sebagai representasi peran masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Wujud peran LKKS adalah membantu pemerintah sebagai lembaga nonpemerintah, bersifat terbuka, independen, dan mandiri.

Tugas LKKS adalah mengkoordinasikan organisasi sosial/lembaga sosial, membina organisasi sosial/lembaga sosial, mengembangkan model pelayanan kesejahteraan sosial, menyelenggarakan forum komunikasi dan konsultasi penyelenggaraan kesejahteraan sosial, melakukan advokasi sosial dan advokasi anggaran terhadap lembaga/organisasi sosial.

Secara eksplisit peran lembaga/organisasi sosial yang dikoordinasi LKKS telah banyak membantu Pemerintah Kota Magelang dalam penanganan permasalahan kesejahteraan sosial.

Bebagai pelayanan di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang memberikan layanan rehabilitasi sosial bagi anak, penyandang disabilitas dan lanjut usia di dalam dan di luar LKS/panti, diberikan secara baik dan membawa manfaat kesejahteraan bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Turut hadir dalam kegiatan di Bintan ini, pengurus dan anggota LKKS Kepri, pengurus LKKS Bintan, pengurus LKS Bintan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bintan (atau yang diwakili), Karang Taruna Kabupaten Bintan, Tagana Kabupaten Bintan, TKSK Kabupaten Bintan, pengurus LKKS Kabupaten Lingga, Karang Taruna Kabupaten Lingga, Tagana Kabupaten Lingga, dan TKSK Kabupaten Lingga. (***/ky)

Editor Yusfreyendi

Loading...