Dewi Ansar: Lansia Potensi Bangsa karena Miliki Banyak Pengalaman Berbangsa dan Bernegara

Loading...

Suarasiber.com – Ketua Lembaga Kesejahteraan Keluarga Sasana Bhakti Pertiwi (LKKS) Provinsi Kepulauan Riau, Hj. Dewi Kumalasari Ansar, menghadiri kegiatan sehari bersama lansia dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27 Tingkat Kabupaten Bintan di Puskesmas Sungai Lekop Kijang, Bintan, pada Sabtu (8/7/2023).

Dewi menyebut jika lansia merupakan potensi bangsa yang memiliki banyak pengalaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga mereka memiliki hak yang sama dengan warga negara lainnya.

“Saya mengharapkan generasi milenial saat ini banyak belajar dan bertukar pikiran dengan para lansia terdekatnya, sehingga gagasan, pemikiran, dan saran yang diberikan oleh para lansia dapat digunakan dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat yang baik,” jelasnya.

Dewi Ansar menyampaikan bahwa peringatan Hari Lanjut Usia pada hakikatnya merupakan momentum bagi semua pihak untuk senantiasa memperhatikan keberadaan para lansia baik terkait kehidupan sehari-harinya, kondisi kesehatannya, kesejahteraannya, maupun kebutuhan psikologisnya.

“Untuk mencapai hal-hal tersebut, diperlukan upaya sinergis dan strategis melalui program-program yang pro-lansia dalam rangka memberdayakan lansia agar lebih sehat, produktif, kreatif, mandiri, dan sejahtera di Provinsi Kepulauan Riau,” kata Dewi Ansar.

Dewi Ansar juga menyampaikan bahwa kegiatan HLUN ini sangat penting bagi para lansia, karena pada peringatan HLUN para lansia merasa dipedulikan baik oleh keluarga maupun oleh masyarakat.

“Peringatan HLUN ini merupakan suatu upaya guna meningkatkan kesehatan para lansia, sehingga para lansia dapat menjadi lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, dan Produktif),” ujarnya.

Dewi Ansar mengatakan bahwa upaya perlindungan dan pemenuhan hak kaum lansia harus berkelanjutan dan mendapatkan perhatian dari seluruh lapisan masyarakat. Sangat ironis jika gerakan menyejahterakan para lansia hanya bersifat kontemporer dan seremonial.

“Saya berharap agar berbagai kegiatan yang dilakukan baik sebelum maupun sesudah kegiatan hari ini dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan sosial dan kesehatan para lansia. Termasuk juga meningkatkan kesejahteraan psikologis para lansia sehingga mereka dapat menghadapi masa tua dengan percaya diri,” harapnya.

Dewi Ansar sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder terkait yang selama ini telah melaksanakan upaya konkret dalam memberdayakan lansia di bidang kesehatan, baik melalui posyandu lansia, kegiatan olahraga lansia, maupun program-program pemeriksaan kesehatan bagi para lansia.

“Sehubungan dengan hal tersebut, saya berharap agar program-program yang pro-lansia dalam pemberdayaan kesehatan dan kesejahteraan para lansia di Kepulauan Riau dapat lebih dioptimalkan dan ditingkatkan kualitasnya. Jika hal tersebut dapat tercapai, saya yakin Provinsi Kepulauan Riau dapat menjadi provinsi yang ramah dan peduli terhadap para lansia,” tutupnya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan 150 paket bingkisan kepada para lansia oleh Dinas Sosial Kepulauan Riau, LKKS Kepulauan

Riau, dan Dinas Kesehatan Kepulauan Riau. Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para lansia oleh Dinas Kesehatan Kepulauan Riau.

Turut hadir dalam kegiatan ini, pengurus LKKS Kepulauan Riau, pengurus LKKS Bintan, Kepala Dinas Sosial Kepulauan Riau (atau yang diwakili), Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Riau (atau yang diwakili), pengurus Tagana Kepulauan Riau, Kepala Puskesmas Sungai Lekop, Lurah Gunung Lengkuas, Lurah Sungai Lekop, dan LKS Rumah Bahagia Bintan. (ky/***)

Editor Yusfreyendi

Loading...