Memotong Hewan Kurban Agar Tidak Mengamuk Disembelih, Tip dari Fapet UGM

Loading...

Suarasiber.com – Setiap tahun, di Hari Raya Kurban selalu dilaksanalkan penyembelihan sapi, doma dan sapi di Indonesia.

Mengutip Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada, hal-hal berikut ini harus diperhatikan sesaat sebelum dan saat penyembelihan hewan kurban.

Termasuk bagaimana memilih peralatan serta mengecek kondisi hewan kurban untuk mendapatkan daging yang berkualitas.

Hal utama yang harus dilakukan ialah mengasah pisau setajam mungkin. Berikutnya memeriksa kesehatan dan kondisi hewan kurban yang akan disembelih.

Menghindari hewan yang tiba-tiba mengamuk sesaat sebelum penyembelihan, Fapet UGM memberikan tip berupa pemuasaan.

Agar hewan kurban tidak beringas, mengamuk dan kabur saat hendak disembelih, sebaiknya hewan tidak diberi makan atau puasa. Proses ini akan mengurangi isi perut.

Lamanya pemuasaan seyogyanya 12 jam sebelum penyembelihan. Meski tak diberi makan, hewan yang akan disembelih tetap harus diberi minum. Berikutnya hewan diistirahatkan.

Perlu diketahui, ternak yang mengalami stres akan mempengaruhi kualitas dagingnya.

Nah, saat penyembelihan atau pemotongan, potonglah tiga saluran pada leher bagian depan.

Yaitu saluran nafas, saluran makanan dan pembuluh darah. Sebelum ternak mati, dilarang keras untuk menusuk jantungnya, menguliti, memotong kakinya, memotong ekornya, dan sebagainya.

Bagaimana mengecek apakah hewan yang dipotong benar-benar sudah mati atau belum, guakan panduan tiga refleks. Yaitu refleks mata, refleks kuku dan refleks ekor.

Setiap bagian ternak yang terpotong ketika hewan belum mati, maka bagian tersebut dianggap sebagai bangkai.

Setelah disembelih, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu periksa organ dalam hewan kurban. Apabila panitia menemukan ketidakwajaran, sebaiknya menghubungi ahli kesehatan.

Satu hal yang mungkin tidak diketahui banyak orang ialah dilarang memotong daging sambil merokok. Daging adalah sel-sel tubuh yang terbuka yang dapat menyerap aroma-aroma termasuk aroma rokok. (machfut)

Editor Ady Indra P

Loading...