Kepri Juara II Lomba TTG Nasional Kategori Unggulan 2022

Loading...

Suarasiber.com – Sistem Penyaring Air Kubangan Bekas Tambang Bouksit untuk Budidaya Ikan Teknologi Bioflok Ramah Lingkungan di Kota Batam terpilih sebagai juara 2 lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat nasional untuk kategori unggulan tahun 2022.

Penemunya, Sujianto, didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (PMD dan Dukcapil) Provinsi Kepulauan Riau Misni SKM MSi menerima penghargaan dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Halim Iskandar MPd Ballroom Aston Hotel Cirebon Jawa Barat, Rabu (19/10/2022).

Sujianto sebelumnya menyisihkan 18 nominator di tingkat Provinsi Kepri yang diselenggarakan 22 – 25 Agustus 2022 dan berhasil mendapatkan juara pertama. Sebelum ke pusat, temuannya disempurnakan melalui pembinaan dan pemantapan oleh Pemprov Kepri.

Di tingkat nasional karya Sujianto bersaing dengan 16 utusan provinsi se-Indonesia pada tanggal 19 hingga 23 September, dan akhirnya berhasil mendapat juara II. Juara satu oleh Provinsi Lampung, sementara juara tiga diraih Provinsi Kalimantan Utara. Juara harapan diraih Provinsi Jawa Tengah.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan lomba ini merupakan kegiatan tahunan untuk memasyarakatkan inovasi hasil teknologi tepat guna. Sekaligus promosi dan pertukaran informasi terkait pengembangan serta pemanfaatan teknologi tepat guna untuk kemajauan ekonomi masyarakat, khususnya di desa.

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad berkomitmen akan terus mendorong para inventor/innovator untuk menemukan teknologi baru, guna memudahkan masyarakat diwilayah desa/kelurahan. Di samping itu pemerintah provinsi kedepannya juga akan melakukan upaya pemanfaatan dan mereplikasi teknologi tepat guna sebagai TTG Unggulan agar dapat  memberikan nilai tambah dalam pemanfaatannya.

“Terkait pengembangan TTG agar dapat dimanfaatkan secara maksimal karena akan dapat memberikan nilai tambah produk, perbaikan mutu produk dan membantu dalam mewujudkan usaha yang produktif dan efisien. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat  secara lebih luas di desa/kelurahan. Kita mengarak terus masyarakat untuk terus berinovasi, berkreasi dan berprestasi,” kata Ansar.(*/zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...