free page hit counter

Bappenas Usulkan 6 Strategi Transformasi Ekonomi Kepri Dukung Indonesia Emas 2045

Loading...

Suarasiber.com – Kunjungan Bappenas ke sejumah wilayah di Kepri pada 4 – 6 Oktober 2022 melahirkan usulan strategi transformasi ekonomi.

Usulan ini disampaikan saat Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa bertemu, Kamis (6/10/2022).

Hasilnya, Kementerian PPN/Bappenas mengusung enam strategi transformasi ekonomi Kepri. Selengkapnya seperti di bawah ini.

  • Pertama, Kepri Talenta, menyediakan talenta wisata hingga talenta industri dan ekonomi kreatif.
  • Kedua, Kepri Biru, mengoptimalkan laut sebagai sumber ekonomi baru untuk masa depan. Ketiga, Kepri Kreatif dan Produktif, mengembangkan industri kreatif berskala internasional diiringi dengan industri manufaktur berteknologi tinggi.
  • Keempat, Kepri Digital, mengembangkan hub digital nasional dan internasional serta mendorong transformasi digital sebagai bagian tak terpisahkan dari pengembangan ekonomi Kepri.
  • Kelima, Kepri Merata dan Terintegrasi.
  • Keenam, Kepri Kondusif.

“Dengan enam strategi tersebut, diharapkan pertumbuhan Kepri melaju lebih pesat dan dengan skenario transformasi ekonomi ini bisa mencapai pendapatan per kapita USD 41.946 per kapita di 2045, setara perekonomian Italia saat ini,” ujar Menteri Suharso.

Memiliki 97,65 persen wilayah laut dan 2,35 persen daratan, Kepri memiliki potensi ekonomi biru yang sangat besar. Kementerian PPN/Bappenas sudah merancang Blue Economy Index, dengan Kepri sebagai provinsi tertinggi dibandingkan provinsi lain di Indonesia.

Loading...