Bupati Karimun Dampingi Gubernur Kepri Hadiri Peresmian Agrowisata dan Serahkan Bantuan Alat Pertanian

Loading...

Suarasiber.com – Bupati Karimun, Aunur Rafiq disertai sejumlah pejabat mendampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad untuk meresmikan Agro Wisata dan Budi Daya Kolam Ikan Air Tawar di Pangke Barat, Kecamatan Meral Barat, Senin (15/2/2022).

Selain itu, di kesempatan yang sama juga diserahkan bantuan berupa alat pertanian kepada DPC Himpunan Pengusaha Kecil dan Mikro Indonesia (Hipmikimdo) Kabupaten Karimun.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Bupati Karimun Aunur Rafiq berjalan menuju lokasi kegiatan. Foto – diskominfo karimun

Menuju lokasi, rombongan Gubernur Ansar dan Bupati Aunur harus melewati jalan yang tak rata. Namun dengan penuh semangat, para pejabat ini menunjukkan kegembiaraan.

Agrowisata dan budidaya ikan air tawar ini digagas oleh Hipmikimdo di atas lahan seluas 9 hektare yang berada di Desa Pangke Barat, Kecamatan Meral Barat. Tepatnya di sebelah PT Saipem Karimun Yard.

Di lokasi ini Hipmikimdo Karimun membangun 15 kolam dengan ukuran 15×12 meter. Kolam ini akan diisi dengan ikan bawal dan nila, jika sudah saatnya dipanen akan dijadikan sarana pemancingan umum bagi masyarakat.

Bupati Karimun Aunur Rafiq menuruni jalan setapak menuju lokasi penebaran bibit ikan. Foto – diskominfo karimun

Mengusung konsep agrowisata, maka pengelola juga melengkapinya dengan sudut-sudut spot foto serta sejumlah arena permainan keluarga.

Ketua Hipmikimdo Karimun Arif Hutanan Siregar mengatakan, konsep agrowisata budidaya ikan air tawar yang dibangunnya mendapat dukungan dari Pemprov Kepri dan Pemkab Karimun.

Gubernur Ansar menyerahkan bantuan 200 ekor bibit ikan nila. Ini sebagai permulaan, karena pada Maret mendatang Pemkab Karimun melalui Dinas Perikanan akan memberikan bantuan ribuan ekor bibit ikan.

Berfoto bersama di lokasi agrowisata. Foto – diskominfo karimun

Ia juga memberikan ide agar di sini dibangun peternakan sapi. Bibit sapinya nanti akan diberikan langsung oleh Pemprov Kepri melalui dinas terkait.

Sementara Bupati Karimun berharap agrowisata ini bisa menjadi sarana edukasi bagi para pelajar. Apalagi lokasinya sejuk, masih banyak ditumbuhi pepohonan.

“Kita harapkan bisa menjadi salah satu wahana edukasi dan pariwisata,” ungkap Bupati Aunur. (suradi)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...