free page hit counter

Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 Dibuka

Loading...

Suarasiber.com – Menyusul kesuksesan Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 1, 2 dan 3, Kemendikbudristek segera membuka angkatan ke-4.

Mendikbudristek Nadiem Makarim membuka Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 4, secara virtual, pada Kamis (14/10/2021). Menurutnya ini pembuktian dari tekad tenaga pendidik yang memprioritaskan pemenuhan kebutuhan peserta didik.

“Masa depan ada di tangan Ibu dan Bapak sekalian. Untuk guru penggerak angkatan 4, mari bergerak serempak untuk mewujudkan Merdeka Belajar,” ujarnya.

Angkatan ke-4 sudah dimulai pada bulan Maret 2021, dengan jumlah pendidik sebanyak 8.053 berasal dari 146 Kabupaten/Kota, serta melibatkan 1641 pengajar, 549 fasilitator, dan 50 instruktur.

Program ini menetapkan empat pilar yaitu, kepemimpinan pembelajaran, pembelajaran yang berdifrensiensi, pembelajaran sosial dan emosional, serta komunitas praktek.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Iwan Syahril menyampaikan bahwa refleksi merupakan kunci penting bagi kemajuan guru dalam memberikan inovasi pembelajaran kepada murid-murid.

“Refleksikan dan diskusikan semua hal yang dirasakan dengan fasilitator, pengajar praktik, dan rekan sesama peserta pendidikan. Jadikanlah refleksi sebagai sebuah kebiasaan, jadilah teladan, jadilah pembangun semangat, dan jadilah pemberdaya untuk kemandirian dan kemerdekaan semua anak Indonesia,” ujarnya memotivasi.(man)

Loading...