free page hit counter

Kamu Bergaya, Maka Kamu Ada

Loading...

Dari zaman ke zaman perkembangan sangat cepat tersebar ke setiap wilayah khususnya di wilayah Indonesia negara yang bertetangga dengan negara Malaysia dan Singapura, wilayah yang berbatasan langsung dengan negara lain, baik batas darat, laut, maupun udara.

Indonesia merupakan negara yang memiliki beraneka raga suku, agama dan ras, negara yang sanggat luas sehingga memiliki ribuan pulau. Negara indonesia kini dihadapkan pada sebuah tantangan besar yakni perkembangan teknologi, barang-barang dan masih banyak lagi.

Untuk saat ini yang sangat berdampak pada negara indonesia sendiri adalah virus hedonisme. Hal ini sanggat sulit untuk dihindari karena perkembangan yang sanggat cepat masuk ke wilayah.

Secara bahasa, hedonisme berasal dari bahasa Yunani, yaitu “hedone” yang artinya kesenangan.

Hedonisme adalah jenis ideologi atau pandangan hidup yang menyatakan bahwa kebahagian hanya didapatkan dengan mencari kesenangan pribadi sebanyak-banyaknya.

Hedonisme mengajarkan bahwa kenikmatan atau kesenangan merupakan tujuan hidup dan acuan, kesenangan pribadi merupakan yang utama, mereka tidak pedulii dengan perasaan atau kesenangan orang lain.

Perkembangan zaman dan teknologi yang makin maju dan pesat membuat gaya hidup manusia terus berubah mengikuti arus jaman. Dengan perkembangan teknologi tersebut membuat banyak anak dan remaja memulai gaya hidup hedon.

Mereka memboros-boroskan uang namun digunakan untuk kepentingan yang tak terlalu penting. Kebiasaan atau pola tingkah laku terbaru anak dan remaja sehari-hari sesuai dengan tuntutan zaman.

Remaja yang berasal dari desa pergi ke kota untuk berkuliah, merantau untuk berkerja, dengan mudah terjerumus dalam budaya hedonisme. Seperti yang kita ketahui kehidupan di kota sangatlah berbeda dengan kehidupan di desa, karena sangat mudah dijumpai pusat pembelanjaan seperti Mall, Cafe, Alfamart, Indomaret dan yang lainnya.
Bahkan di desa pun mudah dijumpai hedonisme ini karena remaja desa mempelajari melalui teknologi seperti televisi, ponsel dan lainnya, sehingga tertarik untuk mengikuti.

Hedonisme ialah perilaku dan gaya hidup yang diikuti terlalu berlebihan, kemudian akan memberian dampak pada diri sendiri dan juga lingkungan sekitar. Dari hedonisme ini cenderung negatif, banyak dari mereka yang memaksakan keadaan agar terihat keren untuk bergaya atau sama dengan yang lain.

Kebiasaan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan sehingga memaksakan ekonomi yang sebenarnya tidak mampu. Hedonisme ini bisa merusak ekonomi menjadi tidak sehat, demi kesenangan semata.

Hedonisme juga dapat memicu permasalahan jika bagi keluarga yang kurang mampu bisa menimbukan utang dan hidup menjadi boros, karna sebab itulah perekonomian menjadi menurun.

Oleh karna itu kita sebagai remaja harus memberikan contoh kepada generasi selajutnya agar sifat hedonisme tidak menjadi budaya di indonesia dan semakin memburuk. Kita harus lebih mencintai produk lokal untuk digunakan sehingga hasil produk luar tidak mudah dipasarkan di negara Indonesia kemudian harus bisa membatasi diri dalam pergaulan yang mengakibatkan hal-hal negatif.

Penulis Selly willyanti, Mahasiswa Sosiologi Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang

Loading...