free page hit counter

Gubernur Ansar Gesa Laju Vaksinasi di Batam

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur H. Ansar Ahmad menekankan agar target 50 persen penduduk tervaksin sampai akhir Bulan Juni harus tercapai. Khususnya untuk wilayah Batam dan Bintan, termasuk Tanjungpinang yang satu daratan dengan Bintan. Karena sejalan dengan percepatan dibukanya kembali kawasan wisata Batam dan Bintan yang menjadi fokus dan pesan Menko Perekonomian dan Menteri Kesehatan.

“Menko Perekonomian meminta kita untuk mengejar target tersebut, kita sanggupi asalkan kita dapat segera memvaksinasi para pekerja di perusahaan-perusahaan di Batam dan Bintan tanpa harus menunggu vaksin gotong royong,” kata Gubernur Ansar saat memimpin rapat Pembahasan Percepatan Vaksinasi Covid-19 Kota Batam melalui video conference dari Jakarta, Senin (21/6/2021).

Sampai 20 Juni 2021, capaian vaksinasi Bintan dan Tanjungpinang masing-masing sebesar 46,05 persen dan 44,44 persen yang diyakini Gubernur Ansar akan mencapai terget dalam beberapa hari ke depan. Sedangkan untuk Batam baru mencapai 29,52 persen, inilah yang menjadi fokus Gubernur Ansar.

“Maka dari catatan jumlah penduduk Batam 1.157.882 orang dan yang menjadi sasaran vaksin sebanyak 785.003 orang. Target 50 persennya adalah 392.502 orang. Sisa target mencapai 160.789 orang. Realisasi rata-rata vaksin harian 8.954 orang. Kalau kondisi seperti ini hanya akan mencapai 40,92 persen. Namun untuk mencapai target di 30 Juni kita harus memvaksin lebih kurang 16.000 orang per hari di Batam,” papar Gubernur Ansar.

iklan-bewe-portrait-oke

Gubernur Ansar menambahkan, untuk di Batam selain vaksinasi umum di tengah masyarakat, sasaran utamanya adalah pekerja. Berdasarkan data dari Disnaker Provinsi Kepri pekerja di Batam sebanyak 204.752 orang. Yang sudah terdata untuk vaksin sebanyak 164.000 orang dan yang sudah divaksin sebanyak 56.024 orang atau sebanyak 27,3 persen.

“Besok (Selasa 22/6) saya akan video conference dengan pengusaha-pengusaha di Batam untuk menjelaskan mereka tidak harus menunggu vaksinasi gotong royong. Dari target 16.000 orang perhari, usahakan dalam 1 hari ada 30 perusahaan dengan 500 pekerja masing-masing yang divaksin,” ujar Gubernur Ansar.

Sementara itu Sekdaprov Kepri H.T.S Arif Fadilah menyampaikan bahwa saat ini terdapat 385 orang tenaga vaksinator terlatih di Batam ditambah 70 orang bantuan relawan vaksinator dari pemprov.

“Sedangkan untuk mencapai target 16.000 orang perhari diperlukan idealnya 685 orang vaksinator. Untuk mencapai kekurangan tersebut, Pemko Batam dapat bekerja sama dengan Polres, Dandim, RSKI, Bapelkes serta organisasi profesi kesehatan untuk menambah tenaga vaksinator. Juga agar dapat menambah sentra vaksinasi dari 12 menjadi 16 agar menghindari kerumunan,” kata Sekda Arif.

Turut menghadiri rapat ini secara virtual Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Perwakilan Danrem, Sekda Kota Batam Jefriden, Kapolresta Barelang Kombes Pol Yos Guntur, Dandim 0316 Batam Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan, Kadisnaker Provinsi Kepri Mangara Simarmata serta dari Rupatama Lt. 4 Kantor Gubernur Kepri Wakahar Satgas Covid 19 Kepri Dr. Tjetjep Yudiana, Kadis Kesehatan M. Bisri, Kadis Perhubungan Junaidi, dan Plt. Karo Pemerintahan M. Darwin. (rilis)

Loading...