Selama 2 Minggu, Bawaslu Tanjungpinang Disibukkan dengan 8 Kegiatan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Masa darurat Covid-19 tetap dijalani oleh Bawaslu Tanjungpinang dengan berbagai kegiatan positif. Ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas SDM dan melakukan penguatan kelembagaan dalam menyukseskan Pilkada 2020.

Dari 5 sampai 15 Mei 2020, Bawaslu Tanjungpinang mengikuti kegiatan yang ditaja Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan secara daring ini juga diikuti Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Kepri.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Zaini menjelaskan ada delapan kegiatan yang diikuti selama rentang waktu tersebut.

“Sangat bermanfaat dalam meningkat kapabilitas SDM dan kelembagaan Bawaslu, sehingga tetap bernilai produktif,” tutur Zaini yang juga Kordiv. Pengawasan, Humas, Hubungan Antar Lembaga, di Kantor Bawaslu Kota Tanjungpinang, Jumat (15/05/2020)

Materi pelatihan meliputi penguatan program JDIH; advokasi hukum; Pemahaman tentang SOP PPID; Strategi dan kiat menulis karya tulis hukum; legal opinion; Pembuatan penulisan berita, fotografi, dan videografi; pemahaman tentang PPID dan PPID online; Strategi dan kiat meningkatkan rating dan popularitas media Bawaslu.

Narasumber yang memberikan materi kepada para peserta meliputi:

  • Pimpinan Bawaslu RI Fridz Edwar Siregar, SH, LL.M, Ph.D (Kordiv Hukum Bawaslu RI)
  • Bawaslu Kepri Indrawan SP, S.H, M.H (Kordiv.Hukum, Humas, dan Hubal Bawaslu Kepri)
  • Tim Ahli Bawaslu RI; Witra Evelin Maduma Sinaga, SH, MH (Kasubag Pemantauan Putusan dan Bantuan Hukum Bawaslu RI), Dr.Bachtiar Baetal, SH, MH (TA Hukum Bawaslu RI) Sulastio (Humas Bawaslu RI), Haryo Sudrajat (Kasubag Publikasi & Dokumentasi Bawaslu RI)
  • Dr.Syopiansyah Jaya Putra, M.Si (Direktur UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
  • Nicolas Panama (Wartawan senior Media Antara News Kepri)
  • Andre Mediansyah (Fotografer Media).

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bawaslu Kepri yang telah fasilitasi kegiatan yang sangat bermanfaat dan produktif ini,” ucap Zaini

Sementara itu, Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau Indrawan SP menjelaskan bahwa kegiatan tersebut, diharapkan mampu meningkatkan kapasitas SDM dan kelembagaan Bawaslu dalam bidang hukum, kehumasan, dan hubungan antar lembaga. Sekaligus menunjukan kepada publik, bahwa Bawaslu tidak berdiam diri dalam masa wabah Corona, namun tetap bekerja dan meningkatkan kinerja dalam suasana yang penuh keterbatasan.

Ia mengajak semuanya bergandeng tangan untuk meningkatkan performa lembaga, sehingga publik mengetahui bahwa Bawaslu tetap bekerja secara optimal dalam masa pandemi dan penundaan Pilkada 2020. (mft)

Loading...